PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAMSUNG GALAXY TAB DI KOTA PADANG
Abstract
Pada saat sekarang ini fenomena persaingan antara perusahaan telah membuat setiap perusahaan menyadari pentingnya memaksimalkan aset-aset perusahaan demi kelangsungan perusahaan. Salah satu aset untuk mencapai keadaaan tersebut adalah melalui merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari ekuitas merek terhadap keputusan pembelian Samsung Galaxy Tab di Kota Padang. Sedangkan rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh dari ekuitas merek terhadap keputusan pembelian Samsung Galaxy Tab di Kota Padang. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan menggunakan Samsung Galaxy Tab di Kota Padang. Dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda untuk melihat bagaimana pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian Samsung Galaxy Tab di Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah accidental samping dimana variabel diukur dengan skala Likert. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dengan daftar pertanyaan (kuisioner). Berdasarkan pengujian hipotesis nilai signifikansi dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek lebih kecil dari alpha 0,05 jadi dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Samsung Galaxy Tab di Kota Padang.
KATA KUNCI : Ekuitas Merek dan Keputusan Pembelian