PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KORAN PADANG EKSPRES DI KOTA PADANG

Authors

  • Radhi Abdillah
  • Dahliana Kamener
  • Nailal Husna

Abstract

Bagi perusahaan yang bergerak di industri koran, kemampuan perusahaan dalam meraih daya saing strategis dan tingkat profitabilitas yang tinggi sangat bergantung pada kemampuan perusahaan dalam merancang kualitas dari produknya, harga yang bersaing dan promosi yang gencar. Demikian juga pada perusahaan Koran Padang Ekspres melakukan strategi dalam rangka untuk lebih meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pemebelian Koran Padang Ekspres di kota Padang..

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh orang yang membeli dan membaca Koran Padang Ekspres di kota Padang. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 100 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.  Sumber data dalam penelitian  ini adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi  linear berganda.

 Berdasarkan pengujian hipotesis pertama pada  penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikasnsi sebesar 0,007 Dan nilai signifikan harga sebesar 0,000, sedangkan nilai signifikan promosi sebesar 0,000 dimana lebih kecil dari alpha 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian  Koran Padang Ekspres di kota Padang.

 

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Pembelian

 

Published

2013-03-21