PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. ASURANSI MEGA PRATAMA CABANG PADANG
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada PT. Asuransi Mega Pratama Cabang Padang bahwa terjadi fluktuasi setiap bulannya terhadap jumlah nasabah yang dapat diartikan masih ada nasabah yang belum sepenuhnya puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Asuransi Mega Pratama Cabang Padang. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari perusahaan dan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner, dimana data diolah dengan program SPSS 16,0 for windows. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Untuk membuktikan hipotesis penelitian ini digunakan motode analisis regresi linear berganda. Periode penelitian Januari-September 2012.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini kepercayaan dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Asuransi Mega Pratama Cabang Padang. Secara uji t-statistik variabel kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Asuransi Mega Pratama Cabang Padang, sedangkan variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. Asuransi Mega Pratama Cabang Padang.
Kata Kunci : Kepercayaan, Kualitas Layanan, Kepuasan.