ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS BUNG HATTA

Authors

  • Rahmayani Rahmayani
  • Irda Irda
  • Dahliana Kamener

Abstract

Untuk menjaga eksistensi sebuah usaha jasa salah satu faktor yang harus dapat diberikan kepada pelanggan adalah kepuasan. Untuk menciptakan kepuasan tentu harus terjadi keseimbangan antara tingkat kepentingan dan kinerja. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran. Perguruan tinggi yang dijadikan objek adalah Universitas Bung Hatta, tepatnya di Fakultas Ekonomi.

Data yang digunakan didalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Model analisis yang dikembangkan adalah kuantitatif yaitu Serqual Models. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan teridentifikasi instrument pelayanan yang harus diprioritaskan manajemen Universitas Bung Hatta di lingkungan Fakultas Ekonomi yaitu berhubungan dengan dengan kesesuaian tugas, materi pelatihan, ujian atau pun quiz dengan materi yang dipelajari dalam kegiatan akademis. Faktor lain yang penting harus ditingkatkan adalah kemampuan berkomunikasi karyawan tata usaha atau pun dosen dengan mahasiswa harus diperbaiki agar kenyamanan dan kepuasan untuk menggunakan fasilitas Fakultas Ekonomi dapat ditingkatkan.

 

 

 

 

Kata Kunci      :  Kepuasan, Proses Pembelajaran

 

Published

2013-03-21