ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI SMARTPHONE (Pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang Menggunakan Blackberry)
Abstract
Pada umumnya perusahaan tentu ingin menjaga eksistensi produk yang mereka hasilkan. Oleh sebab itu upaya untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap sebuah merek harus ditingkatkan dengan cara mempelajari berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli ponsel Smartphone. Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah mahasiswa Universitas Bung Hatta yang menggunakan ponsel Blackberry. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Didalam penelitian ini digunakan dua jenis variabel. Pertama variabel independen yaitu budaya, sosial, pribadi dan psikologis. Kedua variabel dependen yaitu keputusan konsumen membeli ponsel Blackberry. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama ditemukan bahwa faktor budaya dan faktor social berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli Smartphone jenis Blackberry. Sedangkan hasil pengujian yang kedua ditemukan bahwa faktor pribadi dan faktor psikologis tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa menggunakan ponsel Blackberry di Universitas Bung Hatta.
Kata Kunci Analisis Faktor-Faktor dan Keputusan Pembelian