PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN TOUR AND TRAVEL RAUN SUMATRA BUKITTINGGI

Authors

  • Fajar Hidayat
  • Rika Desiyanti
  • Ice Kamela

Abstract

Demi memperoleh keunggulan daya saing dalam skala global, perusahaan biro perjalanan tour and travel dituntut mampu menyajikan pelayanan yang berkualitas, dengan demikian perusahaan tersebut bisa mendapatkan citra yang baik di mata pelanggan.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas wisatawan tour and travel raun sumatra Bukittinggi.  Sedangkan rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh dari citra perusahaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas wisatawan tour and travel raun sumatra Bukittinggi.  Sebelum dilakukan tahapan pengujian data terlebih dahulu dilakukan pengambilan sampel penelitian secara acak, yaitu 100 orang diantara wisatawan yang pernah menggunakan jasa biro perjalanan tour and travel raun Sumatra Bukittinggi.  Metode analisis data yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, data yang diperoleh diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS. Berdasarkan pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa hanya variabel kualitas pelayanan yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas wisatawan tour and travel raun sumatra Bukittinggi, sedangkan variabel citra perusahaan tidak berpengaruh terhadap loyalitas wisatawan tour and travel raun sumatra Bukittinggi.

 

 

KATA KUNCI : Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan dan Loyalitas

 

Published

2013-03-21