PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK TABUNGAN DAN NILAI TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK NAGARI CABANG DHARMASRAYA

Authors

  • Asep Triwanda
  • Dahliana Kamener
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

Menyadari semakin tingginya tantangan yang dihadapi dunia perbankan pada saat ini membuat Bank Nagari berusaha menciptakan Kepuasan nasabah melalui Kualitas Layanan, Kualitas Produk Tabungan dan Nilai pelanggan yang diberikan kepada nasabah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kualitas produk tabungan dan nilai terhadap kepuasan nasabah Bank Nagari Cabang Dharmasraya. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat di kabupaten Dharmasraya yang memakai atau menggunakan jasa Bank Nagari Cab. Dharmasraya yang berjumlah 80 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-test statistik untuk membuktikan pengaruh variable independen terhadap variable dependen secaraparsial atau individu.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas layanan, dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Nagari Cabang Dharmasraya. Sementara nilai pelanggan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Nagari Cabang Dharmasraya.

 

Kata Kunci :      Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Nilai Pelanggan, Kepuasan Nasabah

Published

2013-03-21