PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA SOLARIA CAFE BASKO GRAND MALL PADANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Sari Anggraini
  • Yulihar Mukhtar
  • Dahliana Kamener

Abstract

Solaria merupakan salah satu restoran yang menyediakan menu khas Indonesia dan beberapa varian menu international. Perusahaan sangat memperhatikan kualitas produk, dan harga yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga terhadap loyalitas pelanggan pada Solaria Cafe Basko Grand Mall Padang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening.

Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengkonsumsi makanan di Solaria Café Basko Grand Mall Padang yang berjumlah 80 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, analisis regresi sederhana, regresi bertingkat.  Uji hipotesis menggunakan uji T-test statistik untuk membuktikan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial atau individu, serta uji F.

            Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas produk, dan harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian kualitas produk dan harga juga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. kepuasan konsumen sebagai variabel intervening berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

 

Kata Kunci :      Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Konsumen

 

 

Published

2013-03-21