PENGARUH BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA JAZZ DI KOTA PADANG
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan konsumen, kemudahan, fleksibilitas dan kehandalan suatu produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian. Untuk melakukan tahapan pengolahan data terlebih dahulu dilakukan pengumpulan responden. Sampel yang digunakan berjumlah 100 orang responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung. Untuk mempermudah tahapan pengolahan data maka dikelompokan variabel penelitian menjadi dua variabel penelitian. Pertama adalah variabel independen terdiri dari brand awareness, brand association, brand perceived quality dan brand loyalty. Kedua adalah variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Berdasarkan hasil pengujian yang ditemukan brand awareness tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil, Brand association berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil , Brand perceived quality tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil, dan Brand loyalty berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil. Berdasarkan analisis dan hasil pengujian maka terdapat implikasi serta harus adanya evaluasi dan strategi baru untuk meningkatkan brand equity mobil.
Keyword : Brand Equity dan Keputusan Pembelian