PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PRODUK MINUMAN AQUA DI KOTA PADANG

Authors

  • Putri Sartika
  • Dahliana Kamener
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

Produk minuman Aqua merupakan salah satu air minuman mineral pertama yang dikemas dalam kemasan yang berasal dari sumber mata air terlindung pegunungan untuk memenuhi rasa haus dahaga konsumen dalam beraktivitas. Untuk itu loyalitas merupakan hal yang perlu diperhatikan perusahaan produk minuman Aqua dari sisi produk, harga, distribusi dan promosi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh maketing mix terhadap loyalitas konsumen produk minuman Aqua. Penelitian ini terdiri dari variabel dependent yakni produk, harga, distribusi, promosi, dan variabel independent yakni loyalitas konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian empiris. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah mengkonsumsi produk minuman Aqua. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari konsumen yang pernah mengkonsumsi produk minuman Aqua sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling dimana variabel diukur dengan skala likert. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner. Berdasarkan pengujian  hasil hipotesis bahwa variabel produk, harga, distribusi dan promosi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen produk minuman Aqua.

 

 

Kata Kunci : Marketing Mix, Loyalitas Konsumen.

 

Published

2013-03-21