PENGARUH LOKASI DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN MENGINAP PADA HOTEL PANGERAN BEACH DI KOTA PADANG

Authors

  • Tommi Ramadhan
  • Rika Desiyanti
  • Lindawati Lindawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti nyata adanya pengaruh Lokasi dan Faktor Psikologis terhadap  keputusan mengginap pada hotel Pangeran Beach di Kota Padang. Untuk melakukan pengujian digunakan sampel 98 orang konsumen yang pernah menginap di hotel pangeran Beach di kota Padang. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan metode simple rondom sampling.

Variabel penelitian yang akan diuji menjadi dua kelompok utama yaitu variabel independent yang terdiri dari pengaruh Lokasi dan Faktor Psikologis, dan variabel kedua adalah variabel dependent yaitu keputusan pembelian (mengginap). Untuk melakukan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis infrensial yaitu melalui model regresi linear berganda dan uji t-statistik. Hasil penelitian menyatakan sikap tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen mengginap di hotel Pangeran Beach sedangkan lokasi dan tiga demansi psikologis konsumen (motivasi, persepsi, dan pembelajan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (menginap dihotel pangeran Beach padang).

 

Kata Kunci : Lokasi , Faktor Psikologis dan Keputusan Pembelian.

 

Published

2013-03-21