nalisis Alih Kode dalam Interaksi Jual Beli di Pasar Sentral Padang Aro Kabupaten Solok Selatan
Abstract
Dalam penelitian ini, penulis melakukan penelitian tentang alih kode di dalamlingkungan pasar. Alasan penulis mengambil penelitian ini karena alih kode
merupakan gejalah linguistik yang sangat menarik untuk dikaji khususnya alih kode
dalam lingkungan jual beli di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
jenis dan faktor alih kode dalam interaksi jual beli di pasar sentral Padang Aro
kabupaten Solok Seltan.
Tinjauan pustaka yang diambil berupa alih kode dalam acara Overa Van Java
di Trans7 (Diche Novelisa,2012). dan alih kode dalam proses belajar mengajar
bahasa Asing (Lely Refnita, 2007). Untuk menganalisis data digunakan teori
Soewito dan Fishman (dalam Chaer dan Agustina).
Adapun metode yang penulis lakukan pada penelitian ini adalah metode
deskriptif, yaitu bahwa penelitian yang dilakukan semata-mata hanya berdasarkan
pada fakta yang ada atau fonomena yang memang secara empiris hidup pada
penutur- prnuturnya, sehingga yang dihasilkan atau yang dicatat berupa perian
bahasa yang biasa dikatakan sifatnya seperti potret, paparan seperti adanya
(Sudaryanto, 2015). Sedangkan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik rekam, teknik simak libas cakap (SLC),dan teknik catat.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan jenis alaih kode, yaitu (1) alih kode
dari bahasa Indonesia ke bahasa Minangkabau, (2) alih kode dari bahas Indonesia ke
dalam bahasa Jawa, (3) alih kode dari bahasa Minangkabau ke bahasa Jawa, dan (4)
alih kode dari bahasa Jawa ke bahasa Minangkabau. Untuk faktor terjadinya alih
kode ditemukan, yaitu (1) factor pembicara atau penutur, (2) factor pendengar atau
lawan tutur, (3) faktor adanya orang ketiga, (4) faktor berubahnya dari formal ke
informal, dan (5) faktor berubahnya topik pembicraan.
Kata kunci : Alih kode, jenis alih kode, dan faktor-faktor alih kode
Downloads
Published
2019-08-15
Issue
Section
Articles