LITERASI BUDAYA DUA TOKOH YANG BERTUKAR RAGA DALAM MANGA KIMI NO NA WA KARYA MAKOTO SHIKAI

Authors

  • Nabella Fetra Yenanda Universitas Bung Hatta
  • Tienn Immerry Universitas Bung Hatta
  • Irma Universitas Bung Hatta

Abstract

Manga merupakan istilah lain dari cerita bergambar atau komik Jepang. Manga biasanya menceritakan tentang kebudayaan dan kehidupan masyarakat Jepang. Setiap unsur yang terdapat pada manga saling berhubungan agar menciptakan sebuah kesatupaduan sehingga pesan yang terkandung di dalam cerita dapat disampaikan kepada penikmatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bentuk literasi budaya dari dua tokoh dalam manga. Manga Kimi no Na wa (Your Name) karya Makoto Shikai1 bercerita tentang seorang siswa dan siswi yang bertukar raga di saat mereka bangun tidur. Tachibana Taki, siswa SMA di Tokyo, bertukar raga dengan Miyamizu Mitsuha, siswi sekolah SMA yang tinggal di daerah perdesaan. Mereka tidak mengenal satu sama lain dan menjadi bingung untuk menghadapi kondisi raga yang berbeda dan lingkungan yang juga jauh berbeda. Literasi budaya kedua tokoh membuat mereka mampu menjalani kehidupan ketika bertukar raga. Istilah literasi budaya pertama dipopulerkan oleh Hirsch2. Menurutnya, literasi budaya dikembangkan karena setiap orang tidak dapat belajar membaca, menulis, dan komunikasi dengan orang lain sebagai keterampilan yang terpisah dari pengetahuan secara kultural. Deskripsi tokoh dan latar menggunakan unsur intrinsik menurut Abrams3 . Unsur kebudayaan, sesuai yang dijelaskan Koentjaraningrat 4, semua kebudayaan yang ada di dunia memiliki; a) sistem religi dan upacara keagamaan, b) sistem dan organisasi kemasyarakatan, c) sistem pengetahuan, d) bahasa, e) kesenian, f) sistem mata pencaharian hidup, g) sistem teknologi dan peralatan. Selanjutnya, teori menurut Muller5 digunakan untuk menganalisis literasi budaya kedua tokoh yang mencakup (1) memahami kompleksitas budaya, (2) mampu menganalisis budaya, (3) peduli terhadap komponen budaya, dan (4) relativisme budaya. Penelitian terdahulu terhadap objek penelitian yang sama dilakukan oleh Lathifah6. Penelitian ini adalah yang kedua, berjarak satu tahun.

References

M. Shikai, Kimi no Na wa, vol. 1, 3 vols. Jepang: KADOKAWA, 2016.

Hirsch. E, D, Cultural Literacy: What Every American Needs to Know. Boston, 1988.

B. Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2013.

Koentjaraningrat, Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum, 1994.

Halbert, Kesley and Chigeza, “Navigating Discourses of Cultural Literacy in Teacher Education.,” Australian Journal of Teacher Education, vol. 40, 2015.

Lathifah, “Struktur Kepribadian Tokoh Utama Novel Kimi no Na wa Karya Makoto Shikai Kajian Psikologi Sastra,” Universitas Diponegoro, Semarang, 2019.

M. Nazir, Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia, 2013.

T. Lancashire, “The Kagura Dance: Variation and the Problem of Representation in Iwami Kagura,” VWB - Verlag für Wissenschaft und Bildung, vol. 46, p. 32, 2015.

Downloads

Published

2020-11-03