DOMINASI KONFLIK EKSTERNAL TOKOH HONAMI DAN MAKOTO DALAM NOVEL SEIBO KARYA AKIYOSHI RIKAKO

Authors

  • Astrid Marisa Qibthya Universitas Bung Hatta
  • Tienn Immerry Universitas Bung Hatta
  • Endut Ahadiat Universitas Bung Hatta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dominasi konflik eksternal yang dialami tokoh Honami dan Makoto dalam novel Seibo (Holy Mother) karya Akiyoshi Rikako. Tokoh Honami dan Makoto merupakan sosok yang berkeinginan untuk melindungi putri mereka masing-masing hingga menyebabkan terjadinya berbagai konflik. Penulis menggunakan teori Summers untuk analisis plot sedangkan untuk konflik dengan teori Stanton. Konflik sebagai bentuk peristiwa dibedakan ke dalam dua kategori, yaitu konflik fisik dan konflik batin, konflik eksternal (external conflict) dan konflik internal (internal conflict) [1]. Enam penelitian terdahulu berikut adalah hasil tinjauan pustaka terhadap novel Seibo. Berikut topik-topik penelitian tersebut. (1) Menyimpulkan bahwa tokoh Makoto menunjukkan tiga bentuk gejala (PTSD), yaitu re-expriencing, arousal, avoidance Pertama[2]. (2) Menemukan kecemasan dan insting yang ada dalam pikiran Makoto mendorong pemuasan Id yang merupakan dorongan bawah sadar manusia. Hingga akhirnya Id dapat mengalahkan Ego dan Superego[3]. (3) Membahas interaksi sosial Honami dan Makoto[4]. (4) Menggunakan pendekatan psikologi abnormal berupa gejala PTSD yang terjadi pada tokoh Tanaka Makoto dengan teori Kaplan & Sadock[5]. (5) Membahas tentang naluri kematian yang muncul pada diri Makoto ketika dia membunuh Yukio dan Satoshi[6]. (6) Aspek Id mempengaruhi perilaku dan pemikiran tokoh Honami dengan dominasi oleh Ego yang mengalahkan Superego [7]. Berbeda dengan penelitian sebelumnya, fokus penelitian ini pada konflik eksternal dan internal tokoh Honami dan Makoto dengan memanfaatkan analisis penokohan, plot, dan latar.

References

B. Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2015.

N. Lestari, “Trauma Tokoh Makoto dalam Novel Seibo Karya Akiyoshi Rikako” (Skripsi). Universitas Andalas, Padang, 2017.

K. S. Syahfitri, “Analisis Psikologis Tokoh Tanaka Makoto dalam Novel Holy Mother Karya Akiyoshi Rikako” (Skripsi). Universitas Sumatera Utara, Medan, 2017.

C. A. Putri, “Analisis Sosiologis Terhadap Tokoh Honami dan Makoto dalam Novel Holy Mother Karya Akiyoshi Rikako”.(Skripsi). Universitas Sumatera Utara, Medan, 2017.

A. A. Puteri, “Analisis Gejala PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) Yang Dialami Oleh Tokoh Tanaka Makoto dalam Novel Seibo Karya Akiyoshi Rikako” (Skripsi). Universitas Darma Persada, Jakarta Timur, 2017.

K. F. Maulidia, “Analisis Tokoh Tanaka Makoto melalui Teori PTSD dan Konsep Naluri Kematian dalam Novel Seibo (The Holy Mother) Karya Akiyoshi Rikako” (Skripsi). Universitas Darma Persada, Jakarta Timur, 2018.

Attas dkk, “Honami’s Personality Aspects: A Study on Freud’s Psychoanalysis of The Main Figures in Holy Mother’s Novel by Akiyoshi Rikako” (ejournal). Universitas Pendidikan Indonesia, 2019.

M. A. Semi, Metode Penelitian Sastra. Bandung : Angkasa, 1993.

A. Rikako, Seibo. Jepang : Futabasha, 2015.

Downloads

Published

2020-11-03