DOMINASI KEPRIBADIAN PLEGMATIS DAN MELANKOLIS TOKOH TETSUJI DALAM NOVEL KAZEMACHI NO HITO

Authors

  • Suryani Lestari Universitas Bung Hatta
  • Tienn Immerry Universitas Bung Hatta
  • Endut Ahadiat Universitas Bung Hatta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tipe kepribadian yang mendominasi dalam diri tokoh Tetsuji pada novel Kazemachi no Hito (The Wind Leading to Love) karya Ibuki Yuki [1]. Tokoh Tetsuji, salah satu tokoh utama novel, sama seperti manusia pada umumnya juga memiliki kekuatan dan kelemahan pada kepribadiannya. Untuk mengungkap unsur-unsur psikologi dalam karya sastra, diperlukan bantuan teori-teori psikologi. Teori ini disesuaikan dengan hal yang akan digali dari tokoh [2]. Dalam diri seseorang terdapat empat macam cairan dengan proporsi yang tidak sama, apabila salah satu cairan tersebut dominan maka manusia tersebut digolongkan ke dalam tipe tersebut. Tipologi ini membagi kepribadian yang dibagi ke dalam empat tipe [3]. Sifat masing-masing tipe kepribadian dalam bentuk kekuatan dan kelemahan yang berupa watak. Littauer membagi setiap tipe dalam 20 puluh kekuatan juga 20 kelemahan. Apabila salah satu cairan itu mendominasi maka manusia tersebut digolongkan ke dalam tipe tersebut [4]. Dua teknik pelukisan tokoh, ekspositori atau (pelukisan tokoh secara langsung) dan dramatik (pelukisan tokoh secara tidak langsung) digunakan untuk analisis watak [5]. Tiga aspek, yaitu aspek sebagai orang tua, aspek di pekerjaan, dan aspek sebagai teman digunakan untuk menganalisis kekuatan watak tipe kepribadian [6]. Berdasarkan tinjauan pustaka yang dilakukan, penulis menemukan empat penelitian terdahulu dengan objek yang sama [7], [8], [9], [10]. Kebaruan penelitian ini adalah mengklasifikasikan dan menganalisis kekuatan dan kelemahan watak kepribadian tokoh Tetsuji untuk mengungkap dominasi tipe kepribadian dari empat tipe: sanguine, melankolis, koleris, dan plegmatis.

References

I. Yuki, Kazemachi no Hito. Jepang: Popura Bunko, 2011.

S. Endraswara, Metode Penelitian Psikologi Sastra. Yogyakarta: Media Pressindo, 2008.

agus sujanto, halem lubis, and taufik hadi, Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.

F. Littauer, Your Personality Tree. Surabaya: Mic Publishing, 2019.

B. Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1995.

F. Littauer, Personality Plus, Edisi Revisi. Jakarta: Binarupa Aksara, 1996.

Meylisa, “Analisis Kehidupan Cinta Tokoh Suga Tetsuji dan Fukui Kimiko dalam Novel Kazemachi no Hito Karya Ibuki Yuki Melalui Teori Segitiga Cinta Robert Sternberg,” Universitas Darma Persada, jakarta, 2016.

S. Pratiwi, “Tipe Kepribadian Tokoh Fukui Kimiko dalam Novel Kazemachi No Hito Karya Ibuki Yuki Tinjauan Psikologi Sastra,” Universitas Andalas, padang, 2018.

S. A. Putri, “Konflik Percintaan Suga Tetsuji dalam Novel Kazemachi No Hito karya Ibuki Yuki,” Universitas Bung Hatta, padang, 2017.

S. Putrianti, “Kesedihan Dan Cinta Dua Tokoh Utama dalam Novel Kazemachi No Hito Karya Ibuki Yuki,” Universitas Bung Hatta, padang, 2017.

Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

M. Zed, Metodologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Downloads

Published

2020-11-03