ABNORMALITAS TOKOH HONAMI DAN MAKOTO DALAM NOVEL SEIBO KARYA AKIYOSHI RIKAKO

Authors

  • Elsa Septi Aini Universitas Bung Hatta
  • Tienn Immerry Universitas Bung Hatta
  • Aimifrina Universitas Bung Hatta

Abstract

Karya sastra yang dihasilkan sastrawan selalu menampilkan tokoh yang memiliki karakter yang menggambarkan kejiwaan manusia. Novel Seibo (Holly Mother) bercerita tentang tokoh Honami (ibu) dan Makoto (anak) yang dibayangi oleh kehidupan masa lalu kelam. Oleh karena itu, penulis tertarik meneliti abnormalitas tokoh Honami dan Makoto dengan pendekatan Psikologi Abnormal. Abnormalitas merupakan salah satu cabang ilmu psikologi yang berfokus untuk memahami pola perilaku abnormal manusia. Abnormalitas merupakan hal penyimpangan dari kondisi rata-rata, yaitu distress, impairment, beresiko bagi diri sendiri dan orang lain, serta perilaku yang tidak dapat diterima oleh sosial dan budaya. Abnormalitas merupakan kondisi dimana seseorang penderita mengalami stress akibat trauma masa lalu atau peristiwa mengerikan sehingga seorang tersebut sulit untuk terlihat baik di hadapan umum. Ada tiga penyebab terjadinya abnormalitas, yaitu (1) penyebab biologis, disebabkan oleh warisan gen atau gangguan fungsi fisik; (2) penyebab psikologi, disebabkan oleh gangguan hidup yang bermasalah seperti kekecewaan mendalam serta peristiwa yang lalu; (3) penyebab sosiokultural, disebabkan oleh pengaruh sosial dalam hidup seseorang [1]. Berdasarkan tinjauan pustaka, ditemukan tujuh penelitian terdahulu terhadap objek penelitian yang sama [2], [3], [4], [5], [6], [7], [8]. Novelty atau kebaruan penelitian ini mengkaji abnormalitas tokoh Honami dan Makoto, penyebab dan bentuknya.

References

H. Susan Krauss Withbourne, Psikologi Abnormal: Perspektif Klinis pada Gangguan Psikologis. Jakarta: Salemba Humanika, 2010.

A. A. Puteri, Analisis Gejala PTSD (Post Traumatic Stress Dissorder) yang Dialami Tokoh Tanaka Makoto dalam Novel Seibo Karya Akiyoshi Rikako. Universitas Darma Persada, 2016.

K. F. Maulidia, “Analisis Tokoh Tanaka Makoto Melalui Teori PTSD dan Konsep Naluri Kematian dalam Novel Seibo Karya Akiyoshi Rikako,” Universitas Darma Persada, 2016.

N. Lestari, “Trauma Tokoh Makoto dalam Novel Seibo Karya Akiyoshi Rikako,” Universitas Andalas, 2017.

N. K. Syahfitri, “Analisis Psikologi Tokoh Makoto dalam Novel Seibo Karya Akiyoshi Rikako,” Universitas Sumatera Utara, 2017.

P. C. Abdul, “Analisis Sosiologis Terhadap TokohHonami dan Makoto dalam Novel HolyMother Karya Akiyoshi Rikako,” Universitas Sumatera Utara, 2017.

S. M. dkk. Attas, “Hanomi’s Personality Aspects a Study on Freud’s Psicology of The Main Figure in HolyMother by Akiyoshi Rikako,” Universitas Pendidikan Indonesia, 2019.

A. M. Qibtyah dkk. “Dominasi Konflik Eksternal Tokoh Honami dan Makoto dalam Novel Seibo Karya Akiyoshi Rikako,” Universitas Bung Hatta, 2020.

Hikmat, Mahi M. 2011. Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Akiyoshi, Rikako. 2015. Seibo. Jepang: Futabasha

Downloads

Published

2020-11-03