RESPON PANTANG MENYERAH TOKOH KOYAMA DALAM NOVEL HOUKAGO NI SHISHA WA MODORU KARYA AKIYOSHI RIKAKO: PSIKOLOGI KEPRIBADIAN SKINNER

Authors

  • Meriani Universitas Bung Hatta
  • Tienn Immerry Universitas Bung Hatta
  • Femmy Dahlan Universitas Bung Hatta

Abstract

Pribadi manusia pada dasarnya dapat berubah. Perubahan itu terjadi akibat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya, pertama, faktor dari dalam yang dibawa sejak lahir dan kedua, faktor dari luar atau pengaruh lingkungan. Faktor dari luar atau pengaruh lingkungan dapat menjadi stimulus bagi individu. Ada tiga lingkungan yang dapat menjadi stimulus bagi tokoh, yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan sosial[1]. Psikologi kepribadian Skinner mengenal istilah stimulus dan respon. Stimulus adalah hal dari luar diri manusia yang mempengaruhi dan menimbulkan respon. Respon adalah tingkah laku manusia yang muncul akibat stimulus[1]. Skinner membagi stimulus menjadi dua, yaitu stimulus tak berkondisi dan stimulus berkondisi. Skinner juga membagi respon menjadi respon tak berkondisi dan respon berkondisi[2]. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan stimulus berupa lingkungan dan respon tokoh Koyama terhadap lingkungan barunya. Batasan penelitian ini fokus kepada analisis stimulus berkondisi dan respon berkondisi tokoh karena tokoh Koyama mengalami pertukaran raga/tubuh, sehingga merupakan kondisi tidak alami. Berdasarkan tinjauan pustaka ditemukan delapan penelitian sebelumnya [3], [4], [5], [6], [7], [8], [9], dan [10]. Dari beberapa penelitian di atas, belum ada penelitian yang membahas mengenai respon tokoh Koyama karena adanya stimulus berupa lingkungan. Novelty atau kebaruan penelitian ini adalah membahas respon tokoh setelah mendapat stimulus berupa lingkungan.

References

S. Endraswara. 2008. Metodologi Penelitian Sastra (Epistemologi, Model, Teori dan Aplikasi). Yogyakarta, FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Alwisol. 2019. Psikologi Kepribadian. Edisi Revisi. Yogyakarta, FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

P. Refriyanti. 2016. Novel Houkago ni Shisha wa Modoru Karya Rikako Akiyoshi; Analisis Unsur Intrinsik. Skripsi. Universitas Andalas, Padang.

S. Nurani. 2017. Konflik Batin Tokoh Koyama Nobuo dalam Novel Houkago ni Shisa wo Modoru Karya Akiyoshi Rikako : Tinjauan Psikologi Sastra. Skripsi. Universitas Andalas, Padang.

R. Cesari. 2017. Kehidupan Remaja Jepang Dalam Novel Houkago Ni Shisha Wa Modoru Karya Akiyoshi Rikako. Skripsi. Universitas Andalas, Padang.

D. Sari. 2017. Analisis Psikologi Abnormal Pada Tokoh Koyama Dalam Novel Houkago ni Shisha wa Modoru Karya Akiyoshi Rikako. Skripsi. Universitas Darma Persada, Jakarta.

Zilgayatri dkk. 2018. Kecemasan dan Mekanisme Pertahanan Koyama Nobuo dalam Novel Houkago ni Shisha wa Modoru Karya Akiyoshi Rikako. Skripsi. Universitas Bung Hatta, Padang.

V. Afra. 2018. Analisis Kepribadian Koyama Nobuo dalam Novel Houkago ni Shisha wa Modoru Karya Akiyoshi Rikako: Psikoanalisis Carl Gustav Jung. Skripsi. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

N. Rahmadini. 2018. Analisis Konsep Supranatural Out of Body Experience (OBE) dan Kecemasan pada Tokoh Koyama Nobuo dalam Novel Houkago ni Shisha wa Modoru Karya Akiyoshi Rikako. Skripsi. Universitas Darma Persada, Jakarta.

Julisman dkk. 2018. Polisemi Verba Dasu dalam Novel Houkago ni Shisha wa Modoru Karya Akiyoshi Rikako. Skripsi. Universitas Bung Hatta, Padang.

H. Nawawi.2005. Penelitian Terapan. Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

M. Zed. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta, Yayasan Obor Indonesia.

A. Rikako. 2017. Houkago ni Shisha wa Modoru. Tokyo, Futabasha.

Downloads

Published

2020-11-03