PERKEMBANGAN PEMBENTUKAN DIRI HOMOSEKSUAL TOKOH KUSAKABE HIKARU DENGAN PRANATA SOSIAL DALAM MANGA DOUKYUUSEI KARYA NAKAMURA ASUMIKO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pembentukan diri homoseksual yang dialami tokoh Kusakabe Hikaru dengan pranata sosial dan latar sosial yang ada dalam manga Doukyuusei 1,2,3(Teman Sekelas) volume1-3. Manga ini bercerita tentang dua remaja laki-laki teman sekelas yang awalnya tidak begitu akrab. Keduanya berakhir menjadi saling dekat hingga jatuh cinta. Doukyuusei juga menggambarkan bahwa homoseksual bukanlah hal yang wajar di Jepang. Manga ini menggambarkan tahap pembentukan diri menjadi seorang homoseksual tokoh Kusakabe beserta latar sosial dalam manga dan pranata sosial yang ada dalam manga tersebut. Penelitian ini menggunakan dua unsur intrisik, tokoh dan latar (Nurgiyantoro, 1998)4. Untuk tokoh, penulis fokus kepada ciri fisik dan identitas tokoh. Selanjutnya pranata sosial secara umum (Santosa, 2009).6 Terakhir adalah teori pembentukan diri homoseksual (Cass, 1979)5. Hasil tinjauan pustaka menunjukkan bahwa penelitian ini adalah penelitian pertama yang memakai sumber data manga Doukyuusei. Namun, penelitian terdahulu yang menggunakan teori Cass telah dilakukan olehReferences
中村明日美子, 『同級生 』. EDGE COMIX, 2008.
中村明日美子, 『卒業生 - 冬 -』. EDGE COMIX, 2010.
中村明日美子, 卒業生 - 春 -. EDGE COMIX, 2010.
B. Nurgiyantoro, Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1995.
Map. Vivienne C. Cass MPsych, “Homosexual Identity Formation:,” Journal of Homosexuality, vol. 4, no. 3, pp. 219–235, Apr. 1979, doi: 10.1300/J082v04n03_01.
“Pengertian Pranata Sosial, Jenis, Ciri, Fungsi, Bentuk & Contoh.” https://www.gurupendidikan.co.id/pranata-sosial/ (accessed Jan. 20, 2021).
Subekti, Pokok-Pokok Hukum Perdata. Jakarta:
PT Intermasa, 2011.
Downloads
Published
2021-03-29
Issue
Section
Executive Summary