STRATEGI TINDAK TUTUR MEMOHON DALAM FILM WHISPER OF THE HEART

Authors

  • Aisyah Mardhiyah Universitas Bung Hatta
  • Diana Kartika Universitas Bung Hatta

Keywords:

Tindak Tutur, Strategi, Film

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bentuk tindak tutur memohon serta mendeskripsikan strategi tindak tutur memohon apa saja yang ada dalam film Whsiper of The Heart. Penelitian ini menggunakan teori tindak tutur menurut Searle dan strategi tindak tutur memohon menurut Trosborg. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebuah film yang berjudul Whisper of The Heart. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan teknik catat. Analisis data dilakukan dengan metode padan ekstralingual dengan teknik pilah unsur penentu (PUP). Data yang disajikan berupa kumpulan informasi yang diolah untuk penarikan simpulan dan pengambilan tindakan. Berdasarkan hasil penelitian bentuk tindak tutur memohon yang ditemukan sebagai berikut: tindak tutur memohon bermakna permintaan 17 data diantaranya bentuk 下さい、ちょうだい、たのむ、くれます、おねがい、もらいます、いただけます. tindak tutur memohon bermakna perintah 8 data diantaranya bentuk て、して、てきて、なさい. 2 data tindak tutur memohon bermakna larangan diantaranya bentuk ないで、ない. 1 data tindak tutur memohon bermakna izin dengan bentuk させて. Strategi tindak tutur memohon ditemukan 28 data diantaranya 11 data termasuk kategori II tindak langsung secara konvesional, dengan strategi 2 kemampuan 1 data, strategi 2 kemauan 9 data, dan strategi 2 keterbolehan 1 data. Selain itu, 7 data kategori III tidak langsung secara konvesional dengan strategi 4 keinginan 5 data, strategi 5 kebutuhan 2 data. Kemudian 10 data merupakan kategori IV permohonan langsung dengan strategi 6 kewajiban 4 data, strategi 7 performatif 1 data, strategi 8 impertaif 2 data, dan strategi frasa eliptis 3 data.

References

A. dan A. L. Chaer, Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

G. Yule, Pragmatik: Suatu Kajian Awal. Surakarta: UNS Press, 2019.

A. S. Ibrahim, Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional, 2012.

J. R. Searle, Speech Act: An Essay on the Philosophy of Language. New York: Cambridge University Press, 1969.

A. Saifuddin, “Konteks dalam Studi Linguistik Pragmatik,” J. Bahasa, Sastra, dan Budaya, vol. 14, no. 2, pp. 109–117, 2018.

K. R. Rahardi, “Menemukan Hakikat Konteks Pragmatik,” Pros. Prasasti II, vol. 0, no. 0, pp. 17–23, 2015, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/prosidingprasasti/article/view/63/47.

N. F. Yulianti, Strategi tindak tutur bermakna memohon dan respons implikatur dalam anime clannad. 2018.

D. Kartika, “Strategi Dan Modifikasi Kesantunan Tindak Tutur Memohon Oleh Mahasiswa Jepang Pada Program Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA),” J. Indones. Lang. Educ. Lit., vol. 2, no. 2, pp. 136–147, 2017.

Muslihah, “Tindak Tutur Direktif pada Drama ‘Miss Pilot,’” Universitas Diponegoro, 2017.

Mahsun, Metode Penelitian Bahasa: Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya, Edisi Revi. Depok: Rajawali Pers, 2017.

M. Zaim, “Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural,” Metod. Penelit. Bhs. Pendekatan Strukt., pp. 1–123, 2014, [Online]. Available: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/1830.

Downloads

Published

2021-08-25