ANALISIS AMBIGUITAS PADA JUDUL BERITA DALAM SITUS BERITA DARING OKEZONE.COM

Authors

  • Apriyani Putri Universitas Bung Hatta
  • Puspawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

Jenis dan Makna, Ambiguitas, Judul Berita Situs okezone.com

Abstract

Ambiguitas adalah satuan lingual yang memiliki penafsiran lebih dari satu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis dan makna ambiguitas pada judul berita dalam situs berita daring okezone.com. Untuk menganalisis data digunakan teori Ullmann. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Untuk mengumpulan data digunakan metode simak dengan teknik catat. Untuk menganalisis data digunakan metode agih dengan teknik ganti, teknik perluas, dan teknik parafrasal. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan dua jenis ambiguitas, yaitu ambiguitas tingkat gramatikal dan leksikal. Ambiguitas tingkat gramatikal disebabkan oleh, (1) ambiguitas karena pembentukan kata, (2) frasa yang mirip, dan (3) karena konteks. Ambiguitas tingkat leksikal disebabkan oleh polisemi dan homonimi.

References

Suwandi, Sarwiji. 2017. Semantik Pengantar Kajian Makna. Yogyakarta: Media Perkasa.

Okezone News. Berita dalam Negeri dan Internasional. http://news.okezone.com/. Diakses pada 1 januari 2021.

Santoso, Erik. 2020. “Ambiguitas pada Judul Berita Surat Kabar Suara Mardeka Edisi September-Oktober 2019 dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal.

Nabila, Z. S. 2019.” Ambiguitas Leksikal dalam Lirik Lagu Anggun C Sasmi pada Album Désirs Contraires” Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Downloads

Published

2021-08-25