PEMARKAH KALIMAT EMOSIONAL DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Authors

  • Riri Ramadhani Universitas Bung Hatta
  • Iman Laili Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kalimat emosional, media sosial, dan Instgaram

Abstract

Manusia menggunakan bahasa sebagai alat untuk menyampaikan apa yang mereka rasa dan apa yang mereka pikirkan, termasuk berkomunikasi di internet. Di antara fasilitas untuk berkomunikasi di internet tersebut adalah media sosial Facebook, Twitter, dan Instagram. Di dalam tulisan ini yang akan menjadi pokok pembahasan adalah bagaimana bentuk pemarkah kalimat emosional di media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kalimat emosional di media sosial Instagram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa data tulis, Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini adalah teknik catat. Selanjutnya, untuk menganalisis data digunakan metode agih dengan teknik lesap. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan delapan kalimat emosional di media sosial Instagram. Kalimat emosional tersebut adalah (1) kalimat emosional marah, (2) kalimat emosional sedih, (3) kalimat emosional taku,t (4) kalimat emosional nikmat, (5) kalimat emosional cinta, (6) kalimat emosional terkejut, (7) kalimat emosional jengkel, dan (8) kalimat emosional malu.

References

BUKU

Ali, Mohammad, Mohammad Asrori. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Goleman, Daniel. 1995. Psikologi Remaja. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Felicia. 2001. Peranan dan Fungsi Bahasa . Jakarta: Rineka Cipta.

Sudaryanto, 2015. Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta. Sanata Dharma University Press.

JURNAL

Adinda, Sakinah, Edriana Pangestuti. 2019. Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berkunjung Followers Ke Suatu Destinasi. Administrasi Bisnis, 72(1), 1-8.

SKRIPSI

Perkasa, Sandy Dewa. 2020. Kalimat Emosional Marah di Kanagarian IV Koto Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dhamasraya. Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta.

Novianti, Mira. 2014. Analisis Kalimat Emosional Marah di Kanagarian L ubuk Basung Kecamatan Sangkir Kabupaten Agam. Skripsi. Padang: Universitas Bung Hatta

Downloads

Published

2021-08-25