GAYA BAHASA KIASAN DALAM BAHASA IKLAN DI MAJALAH STEADY FASHION

Authors

  • Yogie Praswidyo Universitas Bung Hatta
  • Syahrial Universitas Bung Hatta

Keywords:

Gaya bahasa Kiasan, Bahasa Iklan, Majalah Steady Fashion

Abstract

Penggunaan gaya bahasa kiasan merupakan hal yang sangat penting dalam mengiklankan suatu produk. Sehingga produk tersebut menarik bagi konsumen. Menurut Keraf (2010: 136), gaya bahasa kiasan merupakan penyimpangan yang lebih jauh, khususnya dalam bidang makna. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan atau menjelaskan jabaran macam-macam, serta bentuk penggunaan gaya bahasa kiasan yang ditemukan dalam bahasa iklan di majalah Steady Fashion. Objek penelitian ini adalah gaya bahasa kiasan yang terdapat dalam iklan di majalah Steady Fashion Edisi April 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, kemudian melalui metode penelitian ini, maka akan menghasilkan data yang berupa deskriptif berupa kata-kata tertulis/ lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik simak dan teknik catat. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dalam bahasa iklan di majalah Steady Fashion Edisi April 2013, terdapat 23 data sebagai berikut: (1) Gaya Bahasa Kiasan Persamaan atau Simile dua data, (2) Gaya Bahasa Kiasan Metafora satu data, (3) Gaya Bahasa Kiasan Fabel satu data, (4) Gaya Bahasa Kiasan Personifikasi tiga data, (5) Gaya Bahasa Kiasan Alusi satu data (6) Gaya Bahasa Kiasan Eponim satu data, (7) Gaya Bahasa Kiasan Epitet satu data, (8) Gaya Bahasa Kiasan Sinekdoke dua data, (9) Gaya Bahasa Kiasan Metonimia dua data, (10) Gaya Bahasa Kiasan Antonomasia dua data, (11) Gaya Bahasa Kiasan Hipalase satu data, (12) Gaya Bahasa Kiasan Ironi satu data, (13) Gaya Bahasa Kiasan Satire satu data, (14) Gaya Bahasa Kiasan Inuendo dua data, (15) Gaya Bahasa Kiasan Antifrasis satu data, (16) Gaya Bahasa Kiasan Paronomasia satu data.

References

Alwi, Hasan, dkk. 2003. Tata Bahasa Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Amelia, Putri. 2020. Analisis Gaya Bahasa Dalam Slogan Iklan Kosmetik Berbahasa Jepang. Skripsi. Universitas Bung Hatta.

Assignment, Ledi,s. 2018. Teks Iklan. Lediaprnra Simplesite. Diakses pada 8 Agustus 2021 melalui http://lediaprnra.simplesite.com/

Choiri, Eril Obeit. 2020. Mengenal Jenis Iklan Serta Contohnya Secara Lengkap. Qwards. Diakses pada 12 Agustus 2021 melalui https://qwords.com/blog/jenis-iklan-serta-.

Djajasudarma, Fatimah. T. 1993. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT. Eresco.

Keraf, Gorys. 2009. Diksidan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Lazfihma. 2014. Analisis Gaya Bahasa dalam Slogan Iklan Minuman di Televisi. Skripsi. Univesitas Negeri Yogyakarta.

Mahsun. 2012. Metedologi Penelitian Bahasa: Tahap Strategi Metode dan Tekniknya. Jakarta: PT .Raja Grafindo Persada.

Nazir, Moh.2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ristianasari, R &Saifudin, A. 2014. Makna Metafora Dalam Headline Iklan Skincare Majalah Maqula Jepang Edisi Maret 2014. Jurnal. Universitas Dian Nuswantoro.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisa Bahasa. Yogyakarta: Sunata Dharma University Pres.

Suyanto. 2005. Strategi Perancang Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi.

Syahrial. 2019. Pronomina Persona Bahasa Jepang Berdasarkan Gender (Kajian Struktur dan Semantik). Jurnal Kata. Vol 3, no 1.93-105. Padang: Kopertis Wilayah X.

Wijana dan Muhammad Rohmadi. 2009. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2021-08-25