ANALISIS KEKELIRUAN KILIR LIDAH PADA ARTIS DI KANAL YOUTUBE

Authors

  • Nike Aidilla Putri Universitas Bung Hatta
  • Eriza Nelfi Universitas Bung Hatta

Keywords:

:Kekeliruan kilir lidah, artis, youtube

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan kekeliruan kilir lidah pada artis di kanal youtube. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kekeliruan kilir lidah yang terjadi pada artis. Untuk menganalisis data digunakan teori Dardjowidjojo. Untuk mengumpulkan data digunakan metode simak dengan teknik catat. Selanjutnya, untuk menganalisis data, digunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu (PUP). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan lima bentuk kekeliruan kilir lidah, yaitu (1) fitur distingtif, (2) segmen fonetik, (3) suku kata, (4) kata, dan (5) dalam bentuk lain, yaitu (a) letak fonem, (b) pengurangan fonem, (c) penambahan fonem, (d) penggantian fonem, dan (e) acak.

References

Andra, Vebbi. 2018. “Kilir Lidah Gangguan Bahasa Anak” Jurnal Pendidikan Islam Institut Syaikah Abdurrahman Siddik Bangka Belitung 1 No. 1, April 2018.

Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2010. Psikolinguitik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Mayasari, Ira. 2015. “Senyapan dan Kilir Lidah dalam Produksi Ujaran” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Indraprasta PGRI No. 2, Mei 2015.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Downloads

Published

2022-03-05