PENGGUNAAN ALIH KODE DAN INTERFERENSI PERCAKAPAN DALAM VIDEO BLOG

Authors

  • Abel Suhendra1 Universitas Bung Hatta
  • Diana Kartika Universitas Bung Hatta

Keywords:

Alih Kode, Interferensi, Sosiolinguistik, Youtube

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu adanya fenomena pengalihan dan kesalahan berbahasa yang terjadi dalam masyarakat multilingual yang disebabkan oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud dan faktor penyebab alih kode serta interferensi yang terdapat dalam video blog Youtube. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode dekskriptif kualitatif dengan sumber data berupa 4 video blog dari kanal Daisuke Botak; Miyoshi Makoto ID X JP; dan Erikacang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik pengumpulan data memakai teknik catat dan teknik simak bebas libat cakap. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih dan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik bagi unsur langsung. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat 26 data yang di analisis, sebanyak 14 data berupa alih kode keluar dengan faktor penyebabnya yang paling banyak adalah faktor lawan bicara dan faktor orang ketiga. Sebanyak 12 data berupa interferensi fonologi yang disebabkan oleh faktor kemampuan penguasaan kosakata bahasa kedua yang kurang baik dan adanya pengaruh dari bahasa ibu.

References

Wardhaugh, R. 2006. An Introduction to Sociolinguistics (Fifth Edition). United Kingdom: Blackwell Publishing.

Masruddin. 2015. Sosiolinguistik. Palopo: Read Institute Press.

Rokhman, Fathur. 2013. Sosiolinguistik: Suatu Pendekatan Pembelajaran Bahasa dalam Masyarakat Multikultural. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kartika, Diana. 2017. Perbandingan Verba Transitif dan Intransitif Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang Tinjauan Analisis Kontransitif. Jurnal Kata, ISSN, 2502-0706.

Sudaryanto. 1993. Metode Linguistik ke Arah Memahami Metode Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Weinreich, Uriel. 1979. Language Contact: Findings and Problems. New York: Mouton Publishers.

Downloads

Published

2022-03-10