REPRESENTASI BUDAYA OMOTENASHI DALAM ANIME ROKUHOUDOU YOTSUIRO BIYORI

Authors

  • Hanum Putri Utami Universitas Bung Hatta
  • Irma Universitas Bung Hatta

Keywords:

Omotenashi, Representasi, Anime, budaya Jepang

Abstract

Anime tidak hanya sekedar menjadi hiburan pengisi waktu luang, namun anime juga dapat memberikan pemahaman tentang budaya, sebagai sebuah karya sastra yang mencerminkan kehidupan masyarakat Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merepresentasikan budaya Omotenashi yang terdapat dalam anime Rokuhoudou Yotsuiro Biyori. Menggunakan teori Omotenashi dalam buku Budaya Kerja Kelas Dunia milik Indra Kesuma Nasution yang merujuk teori milik Abdulelah Al-alsheikh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kepustakaan. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini adalah budaya Omotenashi yang ditayangkan dalam anime Rokuhoudou Yotsuiro Biyori sesuai dengan 3 elemen Omotenashi. Namun tidak semua episodenya menayangkan budaya Omotenashi. Animenya berjumlah 12 episode, dan yang menayangkan budaya Omotenashi hanya episode 1, 2, 3, 7, 8, 10, 11 dan episode 12

References

Nakajuu S. Rokuhoudou Yotsuiro Biyori. Published online 2018. https://www.crunchyroll.com/yotsuiro-biyori

Damono SD. SOSIOLOGI SASTRA SEBUAH PENGANTAR RINGKAS. (Effendi S, ed.). Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan; 1978.

Center KCS. Newsletter KUNCI. Cultural Studies Center, KUNCI. 2000:8.

Al-alsheikh A. The Origin of Japanese Excellent Customer Service. Stud Bus Account. 2014;8:23-42.

Nasution IK. BUDAYA KERJA KELAS DUNIA: MENGENAL KAIZEN DAN OMOTENASHI JEPANG. (S. Didik M, ed.). Mulia Sejahtera Grafika; 2019.

Downloads

Published

2022-03-10