METAFORA KONKRET KE ABSTRAK KAJIAN MAKNA DALAM LIRIK LAGU BERTEMA KESEDIHAN KARYA HIGE DANDISM

Authors

  • 1Sri Mega Nirna Universitas Bung Hatta
  • Syahrial Universitas Bung Hatta

Keywords:

lagu, kesedihan,makna, metafora

Abstract

Tujun dari penelitian ini untuk mendeskripsikan makna sinestesia dan asosiasi metafora konkret ke abstrak. Metode yang digunakan adalah metode deskriktif, sumber data penelitian ini 9 lagu bertema kesedihan Hige Dandism. metode simak digunakan sebagai pengumpulan data, metode agih digunakan sebagai teknik analisa data dan PUP (Pilih Unsur Penentu). Ditemukan 20 data di antaranya, metafora konkret ke abstrak makna sinestesia 1 data (penjabaran pengalaman konkret ke abstrak), metafora konkret ke abstrak makna asosiasi 5 data (penjabaran pengalaman konkret ke abstrak) dan metafora abstrak ke konkret makna asosiasi 14 data (penjabaran pengalaman abstrak ke konkret ) Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan lagu yang dinyanyikan oleh Hige Dandism lebih banyak terdapat metafora abstrak ke konkret dengan makna asosiasi.

References

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Pengajaran Semantik . Bandung: Angkasa.

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural, 1–123. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/1830

Sudrayanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Ananlisa Bahasa:Pengantar penelitian wahana kebudayaan secara linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Downloads

Published

2022-03-10