PENGGUNAAN KANDOUSHI YANG MENYATAKAN KETERKEJUTAN DALAM MANGA DR.STONE VOLUME 1-7

Authors

  • Tengku Muhamad Anshar Universitas Bung Hatta
  • Oslan Amril Universitas Bung Hatta

Keywords:

Kandoushi, Kandou, Penggunaan kandou, Keterkejutan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas penggunaan dan bentuk kandoushi jenis kandou (Impresi) apa saja yang menyatakan keterkejutan yang terdapat dalam manga Dr.Stone karya Riichiro Inagaki Volume 1-7. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Terdapat 30 data kandou yang menyatakan keterkejutan namun penulis hanya menganalisis 20 data kandoushi kandou yang menyatakan keterkejutan menggunakan teori kandoushi Terada Takanao dan Namatame Yasu di dalam kelas katanya. Terdapat 4 jenis kandou yang menyatakan keterkejutan dalam manga Dr.Stone volume 1-7 yang penulis temukan yaitu, keterkejutan saat pertemuan dan kejadian tiba-tiba, keterkejutan saat bahagia dan senang, keterkejutan saat mendapat informasi atau sesuatu yang tidak dimengerti, keterkejutan ketika informasi yang diterima secara rinci.

References

Syahrial, S. (2019). Personal Pronoun in Japanese Based on Gender (Structure and Semantic Study). Jurnal KATA, 3(1), 93.

Djomi, Ayu Hidayah Romadlon. 2017. Analisis Kandoushi (Kata Seru) dalam Bahasa Jepang yang Menyatakan Kandou pada Komik Boku Dake ga Inai Machi Volume 1-6 (Kajian Pragmatik). Skripsi. Semarang: FIB UNDIP.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistik). Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Koizumi, Tamotsu. 1993. Gengogaku Nyuumon. Tokyo: Kabushiki Kaisha

Downloads

Published

2022-03-10