METAFORA BEING (KEADAAN) DALAM ALBUM STRAY SHEEP KARYA KENSHI YONEZU

Authors

  • Henna Putri Azrianti Universitas Bung Hatta
  • Diana Kartika Universitas Bung Hatta

Keywords:

metafora, fungsi, Stray Sheep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tentang bentuk metafora being (keadaan) dan fungsi metafora yang terdapat dalam album Stray Sheep karya Kenshi Yonezu menggunakan teori Michael C Haley dan teori fungsi Leech. Menggunakan metode penelitian deskriptif dan teknik analisis data pilah unsur penentu. Terdapat 20 data yang dianalis, sebanyak (1) Metafora being dengan fungsi informasi 7 data, (2) Metafora being dengan fungsi ekspresif 2 data, (3) Metafora being dengan fungsi direktif 3 data, (4) Metafora being dengan fungsi estetik sebanyak 8 data, dan dapat disimpulkan bahwa didalam album Stray Sheep metafora being (keadaan) lebih banyak menggunakan fungsi estetik.

References

KARTIKA, Diana. Perbandingan Gramatikal Kata Benda Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 2017, 7.2: 124-137.

Leech, Geoffrey N. dan Michael H Short. 1981. Style in Fiction. London and Newyork : Longman.

Haley, C. Michael. 1980. Linguistics Perspectives on Literature. London: Routledge and Kegan Paul

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural, 1–123. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/1830

Sudrayanto. 2015. Metodedan Aneka TeknikAnalisa Bahasa.Sanata Dharma. University Press.

Downloads

Published

2022-03-10