PERILAKU PELAKU NIJIKON DI INDONESIA
Keywords:
Budaya Populer, Perilaku, nijikonAbstract
Negara Jepang Memiliki budaya baru yang disebut dengan budaya populer seperti anime, manga, dan game. Dengan pengaruh budaya populer dan karakter anime tersebut sebagai waifu(istri), perilaku ini merujuk kepada istilah Nijikon. Teori yang digunakan adalah perilaku. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif dan subjek penelitian ini adalah komunitas anime di discord . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Pada penelitian ini Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis kualitatif. Dari kesimpulan dari angket yang di sebar pada umumnya pelaku nijikon di Indonesia masih dalam batas wajar. Hal ini juga dapat di pengaruhi bahwa indonesia yang memiliki norma dan religi.References
T. Nakamura, “Japan’s New Public Diplomacy: Coolness in Foreign Policy Objectives,” Studies in Media and Society, vol. 5. (2013).
Sapto Atur Nugroho. Skripsi : Gambaran Nijikon di Jepang Pada Tokoh Takamizawa Suichi dalam Anime Midori no Hibi Karya Sutradara Tsuneo Kobayashi : Universitas Brawijaya. (2017)
S. Notoatmodjo, “Teori Perilaku,” Jakarta, Rineka Cipta. (2007).
Downloads
Published
2022-03-10
Issue
Section
Executive Summary
License
Copyright (c) 2022 http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.