PENERAPAN OMOTENASHI PADA RESTORAN ALA JEPANG DI KOTA PADANG

Authors

  • Syaidatul Fauziah Universitas Bung Hatta
  • Oslan Amril Universitas Bung Hatta

Keywords:

omotenashi, 5S/5R, Restoran Ala Jepang, Padang

Abstract

Budaya secara pasti mempengaruhi kita sejak dalam kandungan hingga tutup usia, bahkan setelah mati pun kita dikuburkan dengan cara-cara yang sesuai dengan budaya kita. sedangkan kebudayaan adalah hasil dari cipta, rasa dan karsa itu sendiri. Dengan bermacam ragam budaya yang ada di negara Jepang salah satunya tentang omotenashi (hospitality), Tujuan penelitian ini yaitu menemukan dan menganalisis penerapan 5S pada omotenashi dalam pengelolaan dan pelayanan pada restoran ala Jepang di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian berupa deskriptif. Penelitian ini menggunakan Teknik survei merupakan teknik mengumpulkan informasi dengan wawancara dan angket. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pihak restoran ala Jepang di kota Padang sumatera barat menerapkan omotenashi dan aspek 5S secara baik dan benar.

References

O. Mizutani dan N. Mizutani, How To Be Polite In Japanese. Tokyo: The Japan Times, LTD, 1987.

J. K. Johansson dan I. Nonaka, Relentless – The Japanese Way of Marketing, 1 ed. New York: HarperCollins Publishers, 1996.

S. Morishita, “Managing Knowledge and Skill of Omotenashi in the Lodging Industry (宿泊業におけるおもてなしの知と技のマネジメント),” 北陸先端科学技術大学院大学, 2018.

A. Al-alsheikh, “The Origin of Japanese Excellent Customer Service,” J. Stud. Bus. Account., vol. 8, hal. 23–42, 2014, [Daring]. Tersedia pada: https://kwansei-ac.jp/iba/journals/studies/studies_in_banda2014_p23.pdf.

W. N. Wijayanti, “Implementation of Omotenashi in Japanese Ryokan,” Japanese Res. Linguist. Lit. Cult., vol. 3, no. 2, hal. 122–132, 2021.

K. Amal, “Omotenashi pada Karyawan Perusahaan Ohanami Kyubei di Jepang,” Universitas Sumatera Utara, 2020.

Y. A. Salindri dan A. N. Atiqah, “Kajian Omotenashi dalam Pelayanan Pengunjung di Restoran Jepang (Studi Kasus : Kepuasan Pengunjung Terhadap Pelayanan Food And Beverage),” in Proceeding International Conference of Japanese Language Education (ICoJLE), 2018, hal. 21–25.

Samsu, Metode Penelitian : (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Pusaka Jambi, 2017.

Hardani et al., Metode Penelitian : Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group, 2020.

M. B. Miles dan A. M. Huberman, Qualitative Data Analysis, 2 ed. California: SAGE Publications, Inc, 1994.

Downloads

Published

2022-03-10