STRATEGI KESANTUNAN TINDAK TUTUR MENOLAK OLEH GENERASI MUDA JEPANG DALAM ANIME JEPANG

Authors

  • R. Nover Rustam Universitas Bung Hatta
  • Diana Kartika Universitas Bung Hatta

Keywords:

tindak tutur,menolak,verba perlokusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk strategi kesantunan tindak tutur menolak serta bentuk perlokusi yang muncul dalam anime Kaguya-Sama Love Is War. Penelitian ini menggunakan teori tindak tutur menolak dan tindak tutur perlokusi menurut Searle. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa metode simak dan catat. Teknik analisis data berupa teknik Bagi Unsur Langsung (BUL). Penelitian ini memberikan kesimpulan yaitu ditemukan bentuk strategi kesantunan tindak tutur menolak berupa langsung dan tidak langsung (29 data). Penolakan secara langsung berupa verba non-perfomatif (4 data) dan penolakan secara tidak langsung (25 data) yang terdiri atas 14 data berupa alasan, 3 data berupa pernyataan prinsip, 1 data berupa ungkapan permintaan maaf, 6 data berupa hindaran, 1 data berupa pernyataan filosofi. Selanjutnya ditemukan tindak tutur perlokusi verbal dan non-verbal (15 data).

References

J.L. Austin, How to Do Things with Words. London: Oxford University Press, 1962.

J. R. Searle, Expression and Meaning. Cambridge: Cambridge University Press, 1979.

D. Kartika, Teori Tindak Tutur. Padang: Tonggak Tuo, 2019a.

D. Kartika, Tindak Tutur oleh Mahasiswa Jepang. Padang: Tonggak Tuo, 2019b.

T. Koizumi, 言外の言語学-日本語語用論 ― Gengai no Gengogaku - Nihongo Goyōron. Tokyo: Kabushikigaisha Sanseidō, 1990.

S. Kato, シリーズ・日本語のしくみを探る:日本語語用論のしくみ ― Shirīzu Nihongo no Shikumi o Saguru: Nihongo Goyōron no Shikumi (K. Machida, Ed.). Tokyo: Kabushikigaisha kenkyūsha, 2004

Tarigan, H. G. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa, 2009.

I. Yunianti, Tindak Tutur Ekspresif Menolak Bahasa Jawa dalam Transaksi Jual Beli di Pasar Sine, Skripsi, Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2011.

Markamah dan S. Atiqa, Analisis Kesalahan dan Karakteristik Bentuk Pasif, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

J. W. Creswell, Research design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 3th ed. California: SAGE Publications, Inc, 2009.

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfa Beta, 2012.

Downloads

Published

2022-08-07