OMOTENASHI DI ERA DIGITAL

Authors

  • Asep Rivoza Universitas Bung Hatta
  • Dewi Kania Izmayanti Universitas Bung Hatta

Keywords:

Omotenashi, Era Digital, Digital

Abstract

Budaya secara tidak langsung sudah mempengaruhi kehidupan manusia sejak lahir hingga akhir usia, bahkan setelah tutup usia pun manusia di kuburkan dengan cara-cara yang sesuai dengan budaya.Sedangkan kebudayaan merupakan semua sistem gagasan, tindakan juga hasil karya dari manusia untuk kehidupan masyarakat yang menjadi milik dari diri manusia yang belajar. Dengan berbagai macam ragam budaya yang ada di Jepang salah satunnya budaya omotenashi(hospitality). Tujuan penelitian ini yaitu menemukan dan menganalisis bentuk pelayanan omotenashi di era digital yang terdapat pada restoran,toko/swayan dan hotel/penginapan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data untuk mendapatkan informasi yang ada pada artikel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah di era di gital pada saat ini budaya omotenashi pada masyarakat Jepang sudah hampir semua melayani pelanggan dengan menggunakan teknologi atau pun robot namun pelayanan omotenashi di penginapan ryokan masih tetap menjunjung tinggi budaya tradisional mereka yang tidak menggunakan teknologi atau pun robot.

References

Abdullah, Farid. 2019. “Fenomena Digital Era Revolusi Industri 4.0”. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, Volume 4, Nomor 1 (hlm. 47-58).

Al-alsheikh, Abdulelah. (2014). The Origin of Japanese Excellent Customer Service.Journal Studies in Business and Accounting.Vol.8,hal.23-42.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: RinekaCipta.

Nazir, Moh.2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sato, Yoshinobu dan Al-alsheikh, Abdulelah. (2014). Comparative Analysis of the Western Hospitality and the Japanese Omotenashi: CaseStudy Research of the Hotel Industry. Business& Accounting Review, (14), 1-15.

Zed, Mestika 2003. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia

Downloads

Published

2022-08-07