ANALISIS AKRONIM PADA GAME ONLINE PERMAINAN MOBILE LEGEND

Authors

  • Wuji Ulviana Mai Destu Universitas Bung Hatta
  • Puspawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

analisis akronim; Game Online, Mobile Legend

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan analisis akronim pada game online permainan Mobile Legend. Untuk menganalisis data digunakan teori Abdul Chaer. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Untuk pengumpulan data digunakan metode simak dengan teknik catat. Selanjutnya, untuk menganalisis data digunakan metode agih dengan teknik baca markah. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan (1) pengambilan huruf-huruf pertama dari kata-kata yang membentuk konsep, (2) pengambilan suku kata pertama dari semua kata yang membentuk konsep, (3) pengambilan suku kata pertama ditambah dengan huruf pertama dari suku kata kedua dari setiap kata yang membentuk konsep, (4) pengambilan suku kata yang dominan dari setiap kata yang mewadahi konsep, (5) pengambilan suku kata tertentu disertai dengan modifikasi yang tampaknya tidak beraturan namun masih memperhatikan kaidah bunyi, dan (6) pengambilan unsur kata yang mewadahi konsepitu, tapi sukar disebutkan keteraturannya termasuk seni.

References

Hermawan, Adi dkk. 2020 "Analisis Abbrevation Bahasa Game Online pada Permainan Mobile Legend". Jurnal. Papua Barat: Uviversitas Muhamadiah Sorong.

Arnawa, Nengah. 2008. "Wawasan Linguistik dan Pengajaran Bahasa" Jurnal. Bali: Denpasar Bali.

Chaer, Abdul. 2015. Morfologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyuni, S. 2017. “Peran Guru dalam Mengatasi Kecanduan Game Online”. Jurnal Kopasta. Batam: Universitas Riau Kepulaian.

Kustiyani, Ria. 2019. "Adiksi Game Online Mobile Legend Pada Anak." Jurnal. Aceh: Universitas Malikussaleh.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Downloads

Published

2022-08-07