IKIGAI PADA PEMAIN SHAMISEN DALAM ANIME MASHIRO NO OTO KARYA MARIMO RAGAWA

Authors

  • Fellia Amirathul Isya Universitas Bung Hatta
  • Oslan Amril Universitas Bung Hatta

Keywords:

Ikigai, Anime, Budaya popular

Abstract

Anime tidak hanya sekedar hiburan pengisi waktu luang, namun anime juga memberikan pemahaman tentang ikigai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ikigai yang terdapat dalam anime Mashiro No Oto Karya Marimo Ragawa yang sesuai dengan lima pilar ikigai. Menggunakan metode kualitatif yang di sajikan secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah ikigai dari karakter Sawamura memiliki kebiasaan mencari nada sendiri tanpa putus asa sampai menemukan nada shamisen yang menjadi ciri khasnya di dalam anime Mashiro No Oto yang sesuai dengan 5 pilar ikigai. Episode yang menayangkan 5 pilar ikigai hanya episode 1, 2, 3, 4, 6, 11 dan episode 12.

References

Bastaman, H. D. (2007). Logoterapi: Psikologi untuk Men mukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna. Jakarta: Rajawali Pers.

Buettner, P. G. (2008). Geographical variation of incidence of cutaneous melanoma in Queensland. Australian Journal of Rural Health, 16(5), 269–277.

Bungin, Burhan. 2009. Pornomedia; Sosiologi Media, konstruksi Sosial Teknologi

telematika & Perayaan Seks di Media Massa. Jakarta. Pranada Media.

Endo, S., & Oish, K. (2015). The Influence of Social Support of Friends and Ikigai on Depressive Tendencies in College Students. The Japanese Journal of Personality, 24(2), 102–111.

Mahakam, A. R. (2007). Analisis Simbol dan Pemkiran Shinto dalam Anime Sen to Chihiro no Kamikakushi Karya Miyazaki Hayao. Sastra Jepang Fakultas Humaniora BINUS Jakarta.

Mogi, K. (2018a). Awakening Your Ikigai: How the Japanese Wake Up to Joy and Purpose Every Day Kindle Edition. New Jersey: The Experiment.

Downloads

Published

2023-03-05