KARAKTERISTIK ZEN DALAM KYUDO

Authors

  • Hasya Hafizhanti Munandar Universitas Bung Hatta
  • Dewi Kania Izmayanti Universitas Bung Hatta

Keywords:

Zen, Karakteristik, Kyudo

Abstract

Agama Buddha masuk ke Jepang dan menyebarkan ajarannya pada pertengahan abad ke-6. Salah satu ajarannya adalah Zen yang berfokus kepada meditasi untuk mencapai pencerahan. Zen memiliki karakteristik yang menunjukkan keindahan dalam seni, salah satunya dalam seni bela diri dan seni yang berfokus pada konsentrasi dan ketenangan disebut kyudo. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan karakteristik zen yang ada di dalam kyudo. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah tujuh karakteristik zen fukinsei, kanso, kokou, shizen, yuugen, datsuzoku, dan seijaku. Kesimpulan yang terlihat dalam kyudo didapatkan adalah ketujuh karakeristik tersebut dalam peralatan, pakaian, dojo, pengalaman, dan teknik gerakan.

References

Fitri Ramadhani, “Ajaran Zen dalam Shoujin Ryouri,” Universitas Bung Hatta, Padang, 2016. Accessed: Aug. 17, 2022. [Online]. Available: https://nanopdf.com/download/ajaran-zen-dalam-shoujin-ryouri-fitri-ramadhani-dewi_pdf#

“Agama Buddha di Asia Timur,” profilpelajar.com. https://profilpelajar.com/Agama_Buddha_di_Asia_Timur (accessed Aug. 17, 2022).

A. Rosyanari, “KYUDO DI JEPANG NIHON NO KYUDO TAMBUN,” Universitas Sumatera Utara, 2018.

H. Onuma, 小沼英治, Dan. DeProspero, and Jackie. DeProspero, Kyudo : the essence and practice of Japanese archery, 1st ed. Japan: Kodansha International, 1993.

Jurnal

Chairul Fazri, Vyas, Budi Rukhyana, and Helen Susanti. 2020. “Nilai Estetika Pada Shodou Khususnya Pada Gaya Sousho Berkaitan Dengan Teori Wabi-Sabi Dan Teori Zen.” Universitas Pakuan, Bogor 2(2657–1757).

Agung Istri Candrawati, Anak, Wayan Nurita, and Anak Agung Ayu Dian Andriyani. 2021. “GAYA HIDUP MINIMALIS ORANG JEPANG YANG DIPENGARUHI OLEH AJARAN ZEN.” Daruma: Lingustik, Sastra Dan Budaya Jepang 1(1):12–28.

Buku

Onuma, Hideharu, 小沼英治, Dan. DeProspero, and Jackie. DeProspero. 1993. Kyudo : The Essence and Practice of Japanese Archery. 1st ed. Japan: Kodansha International.

Herrigel, Eugen. 1971. Zen in The Art of Archery. New York: Vintage Books.

Hisamatsu, Shin’ichi. 1971. ZEN AND THE FINE ARTS. first edition. edited by G. Tokiwa. Japan: Kodansha International LTD.

Skrispsi

Fitri Ramadhani. 2016. “Ajaran Zen Dalam Shoujin Ryouri.” Universitas Bung Hatta, Padang.

Downloads

Published

2023-03-05