PENYESUAIAN DIRI ARTIS JEPANG DI INDONESIA

Authors

  • Rahmi Azalia Pratiwi Universitas Bung Hatta
  • Oslan Amril Universitas Bung Hatta

Keywords:

Budaya, Penyesuaian Diri, Artis Jepang

Abstract

Di era sekarang, sangat mudah ditemui warga asing dalam sebuah negara. Sehingga dalam sebuah negara terdapat keberagaman budaya (Multibudaya). Hal ini mengakibatkan terjadinya peristiwa penyesuaian diri oleh warga asing terhadap budaya lokal. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bentuk dan contoh upaya penyesuaian diri Artis Jepang selama di lingkungan Indonesia dan mendeskripsikan alasan Artis Jepang masih bertahan dan diterima di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil dan temuan pada penelitian ini, Artis asal Jepang sudah mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan nya di Indonesia dan mampu mengikuti perilaku orang Indonesia, sehingga dapat diterima orang Indonesia dan eksis di Indonesia.

References

Sunarto and A. Hartono, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

M. Ali and M. Asrori, Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Gerungan, Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama, 2004.

S. Lysgaard, “Adjustment In A Foreign Society: Norwegian Fulbright Grantees Visiting The United States,” Int. Soc. Sci. Bull., pp. 45–51, 1955, [Online]. Available: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000033837

B. Walgito, Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi, 2010.

N. S. Wahyuni, “Penyesuaian Diri Peserta Magang Terhadap Budaya Jepang,” Universitas Bung Hatta, 2021.

D. Andani, “Penyesuaian Diri Mahasiswa Terhadap Culture Shock (Studi Deskriptif Kualitatif Penyesuaian Diri Mahasiswa Sulawesi Selatan di Yogyakarta),” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

Basrowi and Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rinerka Cipta, 2008.

Downloads

Published

2023-03-05