PENGARUH ANIME TERHADAP MAHASISWA SASTRA JEPANG UNIVERSITAS BUNG HATTA

Authors

  • Sisi Ayu Safitri Universitas Bung Hatta
  • Irma Universitas Bung Hatta

Keywords:

Anime, budaya Jepang, kemampuan bahasa Jepang, mahasiswa sastra Jepang, Universitas Bung Hatta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh anime terhadap pengetahuan budaya dan kemampuan bahasa mahasiswa Sastra Jepang Universitas Bung Hatta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menonton anime dapat memberikan pengaruh positif terhadap mahasiswa, terutama dalam hal pengetahuan dan pemahaman tentang adat istiadat, tradisi, agama, nilai dan norma yang jadi bagian dari budaya Jepang, serta meningkatkan kemampuan bahasa Jepang seperti kosa kata, percakapan, dan mendengar.

References

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2014). Qualitative research for education: An introduction to theories and methods. Pearson.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage.

Rastati, Ranny. 2020. Survei Result: K-Drama Consumption Amidst COVID-19 Pandemic in Indonesia. (Masyarakat dan Budaya: Volume 11, Nomor 16, Agustus 2020).

Yamane, Toi. (2020). Kepopuleran dan Penerimaan anime Jepang di Indonesia. (Jurnal Ayumi Volume 7, Nomor 1 pp. 68-82).

Downloads

Published

2023-03-05