TINDAK TUTUR PERINTAH BAHASA JEPANG DALAM ANIME ASSASSINATION CLASSROOM

Authors

  • Sisin Liswinda Universitas Bung Hatta
  • Syahrial Universitas Bung Hatta

Keywords:

Tindak Tutur, Perintah, Anime Jepang

Abstract

Bahasa Jepang tidak bisa lepas dari bertindak tutur dalam berkomunikasi dengan orang sekitarnya. Tindak tutur direktif memiliki bermacam-macam jenis yang salah satunya adalah perintah. Tindak tutur direktif perintah mengungkapkan sikap penutur terhadap tindakan yang harus dilakukan lawan tutur untuk melakukan keinginan penutur. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur direktif perintah yang terdapat dalam film anime Assassination Classroom. Sumber data pada penelitian ini yaitu film anime Assassination Classroom. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak dan teknik catat kemudian dianalisis dengan menggunakan metode agih dan teknik teknik Bagi Unsur Langsung (BUL). Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat sebanyak 23 data sebagai berikut : bentuk ~te kudasai sebanyak 10 data dengan fungsi memerintah dan menyilahkan, bentuk ~mashou sebanyak 5 data dengan fungsi memerintah, bentuk ~nasai sebanyak 5 data dengan fungsi memerintah, bentuk ~youni sebanyak 3 data dengan fungsi memerintah.

References

Chaer, A. and Agustina, L. (2010) ‘Sosiolinguistik: Edisi Revisi’, Jakarta: Rineka Cipta [Preprint].

Darwis, A. (2019) ‘Tindak Tutur Guru Di Lingungan SMP Negeri 19 PALU : Kajian Pragmatik’, Bahasa dan Sasta, 4(2), pp. 21–30.

Kartika, D. (2017) ‘Strategi Dan Penggunaan Modifikasi Dalam Kesantunan Tindak Tutur Memohon Oleh Mahasiswa Jepang Pada Program Bahasa Indonesia Penutur Asing (Bipa)’, Indonesian Language Education and Literature.

Nugraha, P.A. (2017) ‘Anime sebagai budaya populer (Studi pada komunitas anime di Yogyakarta).

Prayitno, H.J. (2011) Kesantunan sosiopragmatik: studi pemakaian tindak di kalangan Andik SD berbudaya Jawa. Muhammadiyah University Press, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purba, A. (2011) ‘Tindak Tutur dan Peristiwa Tutur’, Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra.

Rokhman, F. (2020) Linguistik Disruptif: Pendekatan Kekinian Memahami Perkembangan Bahasa. Bumi Aksara.

Syahrial, S. (2019) ‘Personal Pronoun in Japanese Based on Gender (Structure and Semantic Study)’, Jurnal KATA.

Downloads

Published

2023-03-05