ANALISIS BENTUK GANGGUAN BERBAHASA ANAK SLB DI KENAGARIAN CAROCOK ANAU AMPANG PULAI

Authors

  • Achel rahayu Universitas Bung Hatta
  • Iman Laili Universitas Bung Hatta

Keywords:

Gangguan berbahasa, SLB, Carocok Anau

Abstract

Penelitian ini membahas bentuk gangguan berbahasa anak SLB. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk gangguan berbahasa anak SLB. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian berupa data lisan. Untuk pengumpulan data digunakan metode simak dengan teknik rekam, teknik libat cakap, dan teknik catat. Selanjutnya, untuk menganalisis data digunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu atau PUP. Berdasarkan hasil penelitian, penyakit yang menyebabkan gangguan berbahasa adalah penyakit tunaganda, gangguan artikulasi, dan down syndrome dengan bentuk jawaban berupa (1) ujaran satu kata, (2) ujaran dua kata, (3) ujaran tiga kata, (4) ujaran empat kata atau lebih.

References

Jurnal

Indah, Rohani Nur. 2017. Gangguan Berbahasa. Malang: UIN-Maliki Press (Anggota IKAPI).

Janella, Tiara. 2019. “Kajian Psikolinguistik Terhadap Gangguan Mekanisme Berbicara Studi Kasus Raisya dan Athaya)”. Artikel Penelitian. Pontianak: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Khairina, Dedhe dkk. 2020. “Analisis Gangguaan Bahasa Pada Anak Melalui Kajian Psikolinguistik”. Jurnal. Medan: Fakultas Bahasa dan Seni.

Nugrahaeni, Agustya Dyah. 2020. “Gangguan Berbahasa Pada Anak Berkebutuhan Khusus dan Implikasinya Bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SLB Negeri 1 Pemalang”. Skripsi. Lombok: Universitas Mataram.

Mawarda, Fildza. 2021. “Analisis Gangguan Berbahasa Pada Penderita Cadel (Kajian Psikolinguistik)”. Jurnal. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Rakhmanita, Elza. 2020. “Kajian Psikolinguistik Terhadap Gangguan Berbahasa Autisme”. Jurnal. Jawa Tengah: Universitas Sebelas Maret.

Buku

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Henry Guntur, Tarigan. 1985. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Downloads

Published

2023-08-31