KONSEP IKUJI YANG DITERAPKAN OLEH MOE PADA SUTAN DALAM VLOG YOUTUBE CHANNEL KIMONO MOM

Authors

  • Mai Syaroh Sharen Universitas Bung Hatta
  • Irma Universitas Bung Hatta

Abstract

Bangsa Jepang memiliki Pendidikan dan karakter yang baik. Salah satu pendidikan didapatkan melalui pendidikan keluarga. Dalam bahasa Jepang pola asuh dikenal dengan istilah “ikuji” (育児). Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan konsep ikuji yang diterapkan oleh Moe pada Sutan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data metode dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapatnya kelima konsep ikuji yang diterapkan oleh Moe pada Sutan yaitu kedekatan hubungan ibu dan anak, mendidik anak dengan keteladanan, menghargai perasaan anak, melatih kemandirian anak, anak tanggung jawab utama orang tua. Kesimpulan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah kelima konsep ikuji diterapkan orang tua Jepang untuk mendidik anaknya terutama seorang ibu yang selalu bersama anaknya.

References

B. Mulyadi, “MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MASYARAKAT JEPANG,” 2014. [Online]. Available: http://yardapoteker.wordpress.com/?s

C. Anindya, A. Prodi, S. Jepang, F. Ilmu, and B. Unud, “Konsep Ikuji yang Diterapkan oleh Tokoh Umi Suzuki yang Tercermin dalam Drama Risou no Musuko,” 2017.

“whitney 1960”, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: http://repository.upi.edu/773/4/s_e0351_030547_chapter3.pdf

MR Salsabila, “Teknik Analisis Data Pengertian Hingga Contoh Penggunaan,” 2022. https://dqlab.id/teknik-analisis-data-pengertian-hingga-contoh-penggunaan (accessed Aug. 24, 2023).

Jurnal

B. Mulyadi, “MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MASYARAKAT JEPANG,” 2014. [Online]. Available: http://yardapoteker.wordpress.com/?s

Skrispsi/ Tesis/ Disertasi:

C. Anindya, A. Prodi, S. Jepang, F. Ilmu, and B. Unud, “Konsep Ikuji yang Diterapkan oleh Tokoh Umi Suzuki yang Tercermin dalam Drama Risou no Musuko,” 2017.

“whitney 1960”, Accessed: Jul. 28, 2023. [Online]. Available: http://repository.upi.edu/773/4/s_e0351_030547_chapter3.pdf

Downloads

Published

2023-09-02