PERILAKU KONSUMTIF PENGGEMAR VTUBER USADA PEKORA MELALUI AKTIFITAS DONASI SUPERCHAT

Authors

  • Mhd. Rafi Indrawan Universitas Bung Hatta
  • Dewi Kania Izmayanti Universitas Bung Hatta

Keywords:

VTuber, perilaku konsumtif, SuperChat, Usada Pekora

Abstract

Salah satu perkembangan Anime sebagai pop kultur Jepang adalah memunculkan karakter anime dalam dunia content creator, yaitu Virtual YouTuber (VTuber). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku konsumtif dari aktivitas donasi SuperChat oleh penggemar VTuber Usada Pekora (兎田ぺこら) dan faktor penyebab aktivitas tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan penggemar pekora memberikan SuperChat karena faktor eksternal, yaitu budaya memberi, pengaruh dari penggemar lainnya, Pekora sendiri, serta situasi ekonomi. Kemudian ada faktor internal, yaitu motivasi penggemar, hasil pengamatan kepada Pekora, serta persepsi yang muncul dari pengamatan tersebut. Penggemar Pekora rela memberikan donasi SuperChat kepada Pekora mulai puluran ribu hingga jutaan rupiah perbulannya demi mendapatkan kesenangan dari keinginan mereka untuk mendukung VTuber idola dan menunjukkan eksistensi mereka sebagai penggemar Usada Pekora, sehingga menjadi perilaku konsumtif.

References

Z. Lu, C. Shen, J. Li, H. Shen, and D. Wigdor, “More Kawaii than a Real-Person Live Streamer: Understanding How the Otaku Community Engages with and Perceives Virtual YouTubers,” in Proceedings of the 2021 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, Yokohama Japan: ACM, May 2021, pp. 1–14. doi: 10.1145/3411764.3445660.

Sumartono, Terperangkap Dalam Iklan : Menoropong Imbah Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta, 2002.

P. Kotler and G. Armstrong, Principles of marketing, Seventeenth edition. Hoboken: Pearson Higher Education, 2018.

JURNAL

Z. Lu, C. Shen, J. Li, H. Shen, and D. Wigdor, “More Kawaii than a Real-Person Live Streamer: Understanding How the Otaku Community Engages with and Perceives Virtual YouTubers,” in Proceedings of the 2021 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, Yokohama Japan: ACM, May 2021, pp. 1–14. doi: 10.1145/3411764.3445660.

BUKU

Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D. Bandung : Alfabeta.

Downloads

Published

2023-09-02