SHOURYAKUGO (PENYINGKATAN) DALAM MANGA TOKYO REVENGERS KARYA KEN WAKUI

Authors

  • Yolanda Putriyani Universitas Bung Hatta
  • Syahrial Universitas Bung Hatta

Keywords:

Shouryakugo, bentuk, dan jenis

Abstract

Pembentukan kata dapat terjadi karena adanya pergeseran makna, hilangnya suatu kata, penyingkatan kata. Hal ini menyebabkan terjadinya miskomunikasi. Pembentukan kata dalam bahasa Jepang ada 4 yaitu haseigo, fukugougo/goseigo, shouryakugo/karikomi, toujigo. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk dan jenis shouryakugo dalam manga Tokyo Revengers. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang ditemukan sebanyak 49 data. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk shouryakugo jenis sistem Tunggal bisa terjadi penyingkatan di awal kata maupun di akhir kata pada asal kata yang sama. Kemudian ditemukan gabungan dua kata dari kelas kata yang berbeda dalam bentuk wago dan gairaigo.

References

Syahrial, S. (2019). Personal Pronoun in Japanese Based on Gender (Structure and Semantic Study). Jurnal Kata, 3(1), 93.

Santoso, Teguh. (2015). Dasar-Dasar Morfologi Bahasa Jepang (Edisi Pertama). Yogyakarta: Irsyadul Fikr.

Rawkuma. (2021). Tokyo Revengers. Diambil 11 Juli 2022. Dari website: https://rawkuma.com/manga/tokyo-revengers.

Noviastuti, Endah, dan Masilva Raynox Mael. (2018). Klasifikasi Bentuk Shouryakugo Dalam Bahasa Jepang. Jurnal Kajian Kebahasaan dan Kesastraan, 17(2), 65–72

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural (Edisi Pertama). Padang: FBS UNP Press.

Ahyar Hardani , Helmina Andriani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Edisi Pertama). Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Grup.

Sutedi, Dedi. 2014. Dasar-Dasar Linguistik Bahasa Jepang (Edisi Lima). Bandung: Humaniora Utama Press.

Downloads

Published

2023-09-02