Penerapan Budaya Shitsuke di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Proklamator Padang

Authors

  • Nurdiansyah Universitas Bung Hatta
  • Oslan Amril Universitas Bung Hatta

Keywords:

budaya shitsuke, belajar, bekerja, siswa/i magang

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan penerapan budaya shitsuke di LPK Proklamator pada saat belajar dan bekerja. Dengan menerapkan budaya Jepang maka membuat orang asing di Jepang akan terbiasa menerapkan budaya tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui apa saja budaya shitsuke diterapkan lembaga LPK Proklamator dan bagaimana cara menerapkannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket atau kuesioner, observasi dan informasi melalui pihak LPK. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisi data berupa teknik analisis deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa/i magang dengan baik menerapkan budaya shitsuke dalam belajar di LPK Proklamator. Sedangkan untuk siswa/i magang di Jepang sudah dengan baik menerapkan budaya shitsuke sehingga mereka bisa menyesuaikan diri pada saat mereka bekerja di perusahaan Jepang.

References

Sugiharjo, Ari. 15.4 (2014). “Meningkatkan Disiplin Waktu Melalui Layanan Informasi Dengan Teknik Diskusi Kelompok”. Didaktikum.

Rahayu, Juli, and Dindin Abdul Muiz Lidinillah. 9.4 (2022). “Analisis Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V Sekolah Dasar. “Pendidiktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar: 231-544.

Ayuningtyas, A. I., & Agustriyana, D. (2022). Pengaruh Beban Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Kebersihan Tahura Ir.H. Djuanda. Jurnal Darma Agung, 30(2), 803-814

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Qualitative, And Mixed Methods Approaches (Fifth Edition). Sage.

Henry Putra, B., & Bambang Haryadi. (2014). Analisis Prinsip Kerja 5s (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Setsuke) Pada Cv. Kokoh Bersatu Plastik, Surabaya.

Kusumawati, N. M. (2015). Shitsuke Pada Pengasuhan Anak Dalam Keluarga Jepang: Studi Kasus Pada 3 Keluarga Jepang. Surabaya

Meisyarah, L. (2019). Budaya Shitsuke (Disiplin) Pada Masyarakat Jepang Nihon Shakai Ni Okeru Shitsuke No Bunda. Bandung

Nolia Sri Wahyuni. (2021). Penyesuaian Diri Peserta Magang Terhadap Budaya Jepang: Studi Kasus Kenshusei Sumatera Barat.

Downloads

Published

2023-09-02