BENTUK CAMPUR KODE PENYISIPAN UNSUR KELAS KATA BAHASA INGGRIS PADA MINI ALBUM MILET

Authors

  • Chairun Nisa Universitas Bung Hatta
  • Syahrial Universitas Bung Hatta

Keywords:

bentuk, campur kode, penyisipan, kata, faktor

Abstract

Campur kode adalah istilah yang merujuk pada tindakan yang menyatukan atau mencampurkan bahasa satu dengan bahasa yang lainnya pada saat berkomunikasi maupun pada tulisan seperti lirik lagu. Jenis campur kode pada penelitian ini menggunakan campur kode ke luar (outher code mixing), yakni campur kode yang menggunakan unsur-unsur bahasa asing dalam peristiwa campur kodenya, seperti bahasa Jepang yang menyisipkan unsur bahasa Inggris . Penelitian ini membahas tentang bentuk campur kode penyisipan unsur kelas kata bahasa Inggris dan faktor penyebab terjadinya campur kode yang terdapat pada lirik lagu yang di nyanyikan oleh Milet dari mini album 2019 sampai 2021, yang menggunakan teori dari Laurie Rozakis dan teori Suandi. Teori Laurie Rozakis ialah campur kode yang berupa sisipan unsur kelas kata, sedangkan teori Suandi ialah faktor penyebab terjadinya campur kode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk menguraikan atau menjabarkan penyisipan unsur kelas kata bahasa Inggris pada lirik lagu Milet, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat, dan untuk menganalisis data penulis menggunakan teknik dasar metode agih atau sering disebut teknik unsur langsung (BUL). Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa bentuk penyisipan unsur kelas kata bahasa Inggris lebih banyak menggunakan campur kode bentuk kata benda umum (common nouns) dan faktor penyebab terjadinya campur kode yang paling banyak di temukan adalah faktor topik pembicaraan dan istilah yang lebih populer.

References

S. Syahrial, “Personal Pronoun in Japanese Based on Gender (Structure and Semantic Study),” J. KATA, vol. 3, no. 1, pp. 93–105, 2019, doi: 10.22216/kata.v3i1.3980.

P. Nababan, Sosialinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1993.

Sudaryanto, Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa (Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis). Yogyakarta: Sanata Dharma University Press, 2015.

Downloads

Published

2023-09-02