PENGARUH CHOOSING MENU PADA MASYARAKAT TERHADAP MUNCULNYA MIE RAMEN (ラーメン) DI KOTA PADANG

Authors

  • Indah Anugrah Universitas Bung Hatta
  • Irma Universitas Bung Hatta

Keywords:

Choosing Menu, Ramen

Abstract

Ramen merupakan salah satu makanan khas Jepang yang tersebar hingga diseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia dan mulai berkembang di kota Padang. Munculnya ramen di kota Padang berhasil bersaing dengan makanan lokal maupun manca negara lainnya, semua ini tidak terlepas dari faktor choosing menu masyarakat sebelum menentukan pilihan makanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengamati bagaimana Mie Ramen memengaruhi pola pemilihan menu masyarakat di Kota Padang. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah 50 responden yang tau dan pernah mengkonsumsi ramen di kota Padang. Teknik pengambilan data penelitian menggunakan kuesioner berupa google foam dan observasi langsung ke beberapa kedai ramen di Kota Padang dan di olah menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa choosing menu memiliki enam indikator yang seluruhnya diteliti yaitu indikator biaya/harga, gizi, waktu penyajian, jumlah orang yang makan, kombimasi makanan, dan pemilihan bahan. Kesimpulannnya seluruh faktor pada choosing menu sangat mempengaruhi keinginan konsumen kota Padang untuk mengkonsumsi ramen.

References

R. C. Hariyanto and A. Wijaya, “Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Brand Awareness terhadap Purchase Decision,” J. Manajerial Dan Kewirausahaan, vol. 4, no. 1, p. 198, 2022, doi: 10.24912/jmk.v4i1.17192.

“Ramen - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.” https://id.wikipedia.org/wiki/Ramen (accessed Aug. 26, 2023).

“Rekomendasi Kedai Ramen Enak di Padang, Cukup Keluarkan Budget Mulai Rp15 Ribu - Harian Haluan.” https://www.harianhaluan.com/news/108666191/rekomendasi-kedai-ramen-enak-di-padang-cukup-keluarkan-budget-mulai-rp15-ribu (accessed Aug. 27, 2023).

“Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A. | OPAC Perpustakaan Nasional RI.” https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1133305# (accessed Aug. 27, 2023).

Sugiono, Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, no. March. 2018.

Downloads

Published

2023-09-02