KETERAMPILAN FUROSHIKI DENGAN TEKNIK BIN TSUTSUMI SISWA JAPANESE CLUB SMA NEGERI 8 PADANG

Authors

  • Rozalina Universitas Bung Hatta
  • Rozalina Universitas Bung Hatta
  • Oslan Amril Universitas Bung Hatta

Keywords:

keterampilan furoshiki, teknik bin-tsutsumi,siswa japanese club

Abstract

Furoshiki adalah kain pembungkus yang sangat ramah lingkungan berasal dari Jepang. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui pemahaman dari siswa Japanese Club SMA Negeri 8 Padang tentang furoshiki dan keterampilan dalam praktek teknik bin tsutsumi serta juga untuk mengetahui perilaku siswa Japanese Club SMA Negeri 8 Padang setelah memahami dan terampil teknik bin tsutsumi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif serta teknik angket.Hasil penelitian rata-rata siswa sangat memahami dan terampil teknik bin tsutsumi,walaupun ada beberapa siswa yang kurang rapi membungkus furoshiki dan terdapat pengaruh positif pada perilaku siswa setelah memahami dan terampil teknik bin tsutsumi.Kesimpulannya siswa yang kurang rapi membungkus dapat diperbaiki dengan sering latihan sementara melihat karakter siswa juga dapat dilihat dari hasil dan proses mempraktekkan furoshiki.

References

Koentjaraningrat. (2005). Pengantar antropologi (Cet. ke-3). Rineka Cipta.

Sununianti dkk, V. V. (2014). Sosialisasi Penggunaan Furoshiki Untuk Mengurangi Sampah Kantong Plastik Dalam Gaya Hidup Modern. Falkultas Ilmu Sosial dan ilmu Politik Universitas Sriwijaya.

Sugiyono, (2016) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Ghozali,Imam.(2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBMSPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Yusuf, B. (2021). Pemahaman Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Darma Persada Angkatan 2017 Terhadap Teknik Otsukai Tsutsumi Pada Furoshik. Universitas Darma Persada

Agustin, D. F. (2018). Awal munculnya Furoshiki serta manfaatnya terhadap kehidupan masyarakat Jepang. Universitas Darma Persada.

Ekiguchi, K. (1985). Gift Wrapping:Creative Ideas from Japan. Tokyo: Kondansha International.

ふろしき大研究: くらしの知恵と和の文化 : エコライフにも役立つ! (2005). PHP研究所.

Downloads

Published

2023-09-02