PEMAHAMAN PENGGUNAAN ADVERBIA TAKUSAN DAN IPPAI OLEH MAHASISWA SASTRA JEPANG SEMESTER 4 DAN 6 UNIVERSITAS BUNG HATTA

Authors

  • Riri Agusti Muchtar Universitas Bung Hatta
  • Diana Kartika Universitas Bung Hatta

Keywords:

Fukushi, Takusan, Ippai

Abstract

Bahasa merupakan suatu alat yang digunakan untuk berkomunikasi antar manusia agar bisa berinteraksi dan menyalurkan isi pikiran kepada orang lain. Perkembangan zaman saat ini, sudah banyak bahasa yang bisa dipelajari selain bahasa ibu sendiri, salah satunya bahasa asing yaitu bahasa Jepang. Pembelajaran Bahasa Jepang saat ini semakin meningkat, karena bahasa Jepang memiliki makna yang lebih luas dari bahasa Indonesia, seperti kosa kata, partikel, dan kata yang bersinonim (ruigigo). Namun rata-rata pelajar dari Indonesia mendapatkan kesulitan memahami kata bersinonim karena memiliki makna yang hampir sama, atau makna yang banyak seperti Adverbia/Fukushi, sehingga sering muncul kesalahan dalam penggunaan bahasa Jepang. Oleh karena itu, peneliti mengangkat permasalahan mengenai Adverbia/Fukushi dengan menitik beratkan pada Takusan dan Ippai. Tujuan penlitian ini adalah tingkat pemahaman dalam penggunaan Takusan dan Ippai sebagai sinonim oleh mahasiswa sastra Jepang Universitas Bung Hatta tingkat 2 dan 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa sastra Jepang Universitas Bung Hatta telah mengetahui, mengerti, dan paham dalam pengaplikasian Fukushi Bahasa Jepang terutama terkait Fukushi Takusan dan Ippai yang dibuktikan dengan jawaban responden dan soal rumpang pada sebaran quesioner.

References

R. S. Tri Wiratno, “Pengantar linguistik umum

/ Tri Wiratno, Riyadi Santosa | OPAC

Perpustakaan Nasional RI.” https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?i d=653076 (accessed Aug. 28, 2023).

H. Puspitasari, “Pengembangan Buku Ajar

Bahasa Indonesia Membaca dan Menulis

Permulaan (MMP) untuk Siswa Kelas Awal,” J. Penelit. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 8, no. 2, pp. 83–91, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.21093/twt.v8i2.3303

P. A. Muliani, I. N. Sedeng, and I. M. Madia,

“Analisis Penggunaan Adverbia Pada Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Universitas Udayana,” J. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 8, no. 2, p. 176, 2019, doi: 10.23887/jish- undiksha.v8i2.21399.

N. Sya’bani, “ADVERBIA DENGAN PARTIKEL TO DALAM KALIMAT BAHASA JEPANG 日本語における「助詞と」に付ける副詞,” Universitas Diponegoro, 2019.

Anadia et. al, Desain Penelitian Mixed Method

(Metodologi Penelitian). 2020.

Sugiono, Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, no. March. 2018.

M.Zain, “Metode Penelitian Bahasa:

Pendekatan Struktural,” Metod. Penelit. Bhs., vol. 14, pp. 1–123, 2018, [Online]. Available:

http://repository.unp.ac.id/id/eprint/1830

Downloads

Published

2023-09-02