KONSEP IKIGAI TOKOH TADASHI YANAI DAN MASAYOSHI SON DALAM MENCAPAI KEBERHASILAN BERBISNIS

Authors

  • Zikri Universitas Bung Hatta
  • Irma Universitas Bung Hatta

Keywords:

Masyarakat Jepang, konsep Ikigai, tujuan hidup dan bisnis

Abstract

Budaya Jepang memiliki nilai nilai yang melekat pada aktifitas kehidupan masyarakat, salah satunya adalah nilai budaya Jepang yang dikenal dengan konsep Ikigai. Ikigai merupakan konsep tujuan hidup dan harapan yang dapat meningkatkan semangat kerja. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan konsep Ikigai pada tokoh Tadashi Yanai dan Masayoshi Son. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat konsep Ikgai dengan empat aspek pada tokoh Tadashi Yanai dan Masayoshi Son yaitu Passion, Profession, Vocation dan Mission. Kesimpulan yang ditemukan dalam penelitian ini adalah konsep Ikigai pada tokoh Tadashi Yanai dan Masayoshi Son mencapai sebuah tujuan dan harapan dengan semangat kerja yang membuahkan hasil dengan kualitas produk terbaik dan mendunia dengan teknologi yang mutahir.

References

Koentjaraningrat. 2003. Pengantar Antropologi

I. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Longhurst, Erin Niimi. 2018. A Little Book of Japanese Contentments: Ikigai, Forest Bathing, Wabi-sabi, and More. United Kingdom: Thorsons.

Mckinstry, John & Kerbo, Harold. 2010.

Japanese Society and History.

Mogi, Ken. 2018. The Book Of Ikigai: Untuk Hidup Seimbang, Lebih Bahagia, dan Panjang Umur. (Nuraini Matsura, Penerjemah.). Jakarta: Penerbit Noura.

Garcia, Hector & Miralles, Francesc. 2016. Ikigai: Rahasia Hidup Bahagia dan Umur Panjang Orang Jepang (Krisnadi Yuliawan, Penerjemah.). Jakarta: Renebook.

Fast Retailing, CEO Message. 2023. Dalam website https://www.fastretailing.com/eng/about/message/

Abidin, Fahmi. 2022. Investor Kelas Kakap, Ini Kisah Sukses CEO SoftBank Masayoshi Son. Dalam website https://www.idxchannel.com/inspirator/investor-

kelas-kakap-ini-kisah-sukses-ceo-softbank- masayoshi-son.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Ireland, Sophie. 2021. Richest Businessmen of Japan and Their Business line. Dalam website https://ceoworld.biz/2021/12/01/richest- businessmen-of-japan-and-their-business-line/.

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. 2005. Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta : UI Press.

Fu,Lai Yu, Tony and Don Yan, Ho2014. Handbook of East Asian Entrepreneurship

Downloads

Published

2023-09-02