CAMPUR KODE BERWUJUD KATA DALAM LIRIK LAGU PADA ALBUM WAKE UP OLEH BTS

Authors

  • Maivita Rizky Universitas Bung Hatta
  • Diana Kartika Universitas Bung Hatta

Keywords:

campur kode,lagu

Abstract

Penelitian ini berjudul Campur Kode Berwujud Kata dalam Lirik Lagu Pada Album Wake Up Oleh BTS. Penulis penelitian ini percaya bahwa bahasa merupakan hal yang penting bagi eksistensi manusia. Banyak individu saat ini yang menguasai dua bahasa. Oleh karena itu, penulis ingin meneliti kedua bahasa tersebut. Penelitian ini meneliti campur kode dalam kata-kata dan penyebabnya dalam lirik lagu album Wake Up milik BTS. Pendekatan penelitian ini bersifat deskriptif. Menurut penelitian penulis, terdapat 64 data kata. Elemen penyebab campur kode meliputi 11, kata populer 23, aspek pribadi penutur dan petutur 4, fungsi dan tujuan 6, keragaman bahasa dan tingkat tutur 3, dan gengsi 11.

References

Dewi, S. S., & Pujiono, M. (2018). Analisis Campur Kode Dalam Lirik Lagu Gentleman Oleh Boyband Shinee Karya Junji Ishiwatari.

Ernawati, N. L. (2019). Campur Kode Bahasa Jepang oleh Penutur Bahasa Indonesia di Jejaring Sosial Facebook. Linguistika Buletin Ilmiah, 35(2).

Gifted, G., & Kartika, D. (2021). Code Mixing Analysis on Timeless Begins Album by Cross Gene: Analisis Campur Kode pada Album Timeless Begins oleh Cross Gene. Jurnal Kata, 5(1), 171178.

Indrayani, N. (2017). Penggunaan campur kode dan alih kode dalam proses pembelajaran di smpn ubung pulau buru [the use of mixing code and switching code in learning process at smpn ubung buru island]. Totobuang, 5(2), 299314.

Jazeri, M. (2017). Sosiolinguistik: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. IAIN Tulungagung Press.

Manaf, E. Y. (2021). Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Wolio ke dalam Bahasa Indonesia di Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Baubau. Universitas Hasanuddin.

Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Berita Dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218224.

Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. KBM Indonesia

Downloads

Published

2023-09-02