PEMAHAMAN SHODOU DENGAN TEKNIK KAISHO PADA PELAJAR EKSTRAKULIKULER JAPANESE KLUB DI SMAN1 AMPEK ANGKEK

Authors

  • Dessi Cahyanti Mandasari Universitas Bung Hatta
  • Oslan Amril Universitas Bung Hatta

Keywords:

Shodou, Teknik kaisho, Ekstrakulikuler, Japanese Klub

Abstract

Shodou adalah spesialis menulis kanji Jepang menggunakan kuas dan tinta hitam yang bermanfaat bagi edukasi. Dari keseimbangan bentuk tulisan, tarikan garis, tebal-tipisnya garis hingga irama tulisan. SMAN1 Ampek Angkek salah satu sekolah yang melakukan kegiatan ekstrakulikuler Japanese klub untuk siswa yang memilih bahasa Jepang. Minat siswa masih rendah dalam menekuni Shodo, belum bisa menciptakan sebuah goresan atau coretan yang indah dan berkarakter. Dengan diberikan pemahaman tentang Shodou maka siswa ekstrakulikuler Japanese klub bisa mempersiapkan diri dalam kegiatan bunkasai. Tujuan penelitian untuk mengukur besar pemahaman pelajar ekstrakulikuler Japanese klub menekuni Shodou sesudah diberikan treatment dengan teknik kaisho. Metode eksperimen dengan sampel 10 orang responden. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis data berupa uji wilcoxon dan uji normalitas dengan SPSS versi 16. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa ekstrakulikuler memiliki kemampuan untuk memahami Shodou dan bisa menciptakan sebuah goresan atau coretan yang indah dan berkarakter.

References

.Koentjaranigrat. 2015. Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta:Rineka Cipta

Indah Nur, Istiqomah. 2021. Shodou Sebagai Bentuk Penyampaian Ekspresi Melalui Tulisan, Universitas Darma Persada.

Dian A.N,Ridha, and N.N.Dwi Agusta, Pengenalan Budaya Tradisional Jepang Kaligrafi ( Shodou) Kepada Siswa SMAN4 Semarang, Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol.6, no.2, pp. 236- 243, Dec. 2022

Efrizal, dkk. 2022. Pengenalan Budaya Jepang dan Penguatan Kemampuan Bahasa Jepang JLPTPada Siswa MAN1 Pasuruan, Universitas Brawijaya.

Claudia, Tantiana Stary. 2016. Penerapan Kaligrafi Jepang Sebagai Metode Pembelajaran Huruf Kanji Dasar Terhadap Siswa SMA KR. Eben Haezer Manado, Universitas Sam Ratulangi

Haniva, Wilda. 2020. Efektifitas Pendekatan Ego Untuk Meningkatkan Resiliensi Diri Siswa Di SMAN2 Padang Panjang. Universitas Islam Negeri

Downloads

Published

2023-09-02